Marquez Kehilangan Pole Position karena Ganggu Iannone

Marquez Penalti MotoGP Sepang

SEPANG – Marc Marquez terpaksa kehilangan pole position dan start dari posisi ke-7 pada balapan setelah dianggap merugikan Andrea Iannone pada kualifikasi MotoGP Sepang, Malaysia (3/11). 

Penampilan apik Marquez di sesi perebutan starting grid MotoGP Sepang sedikit terganggu. Lap time tercepat yang dicetak kali itu tak bisa membawanya memulai balapan dari posisi terdepan. Pembalap Repsol Honda ini diduga menjadi penyebab dari insiden yang dialami Iannone pada T9 Sirkuit Sepang.

Padahal, Marquez sudah sempat melakukan selebrasi kecil usai meraih pole position. Beberapa saat kemudian, pimpinan balap melakukan investigasi dan Marquez pun dinyatakan bersalah atas kejadian tersebut.

Sang juara dunia MotoGP 2018 dinyatakan bersalah karena melambat di racing line yang menggunggu pembalap lain dalam hal ini Iannone. Dengan begitu, Marquez mendapatkan penalti dan otomatis membuat catatan waktunya dikoreksi.

Kondisi ini pun menguntungkan bagi Johann Zarco yang otomatis naik menghuni grid pertama. Disusul Valentino Rossi pada posisi kedua serta Iannone sebagai pelengkap pembalap yang start di baris paling depan. Sementara itu, Marquez turun grid dan akan memulai balapan dari posisi ke-7 atau baris ketiga pada balapan MotoGP Sepang.

Bagi Marquez, ini adalah hukuman keduanya terkait pelanggaran serupa. Sebelumnya, Ia juga pernah mendapat penalti ketika menjalani balapan di MotoGP Amerika Serikat.[Ary/Ari]