Marquez Heran Yamaha Lepas Zarco ke KTM

Marc Marquez
Marc Marquez dan Johann Zarco

MUGELLO – Marc Marquez mengaku heran mengapa Yamaha melepas Johann Zarco ke KTM mulai musim depan.

Sebagai seorang pembalap tim satelit Yamaha, Zarco cukup berprestasi terutama dari musim pertamanya. Pria kelahiran Perancis tersebut bahkan finish di podium kedua pada MotoGP Jerez 2018.

Pada akhir musim MotoGP 2017, rumor tentang kepindahan Zarco sudah sangat santer terdengar. Dua pabrikan motor besar seperti Honda dan Suzuki, dikatakan berminat untuk meminang sang pembalap berbakat tersebut.

Namun baru-baru ini kabar mengejutkan datang pabrikan asal Austria yakni KTM. Mereka menyatakan bahwa telah mengontrak Zarco selama dua musim ke depan (2019 – 2020). Berita kepindahan Zarco juga tidak lama setelah tim Tech3 memutuskan untuk membela KTM tahun depan.

Dibalik kepindahan Zarco yang mengejutkan, juara dunia MotoGP 2017 Marc Marquez menanggapinya dengan dingin. Menurutnya Yamaha akan kehilangan pembalap hebat dengan melepas Zarco.

“Kabar ini cukup mengejutkan dan aneh (karena Zarco pembalap Yamaha tercepat) dan saya tidak berkata banyak karena mereka yang lebih tahu segalanya. Tapi menurut pandangan saya, Yamaha akan kehilangan pembalap yang sangat hebat,” ucap Marquez seperti dikutip Crash.

Zarco sendiri akan membalap di kampung halamannya sendiri pada seri lanjutan MotoGP 2018. Di Sirkuit Le Mans nanti, Zarco mempunyai peluang untuk menjadi pembalap satelit Yamaha pertama yang memenangkan balapan. [Dew/Ari]