Marquez Brutal di MotoGP Argentina 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

Marquez Brutal di MotoGP Argentina 2018

Denny Basudewa
pada 09 April 2018

Foto: Marc Marquez di MotoGP Argentina 2018

TERMAS DE RIO HONDO – Marc Marquez harus menerima hukuman sebanyak tiga kali dalam satu seri balapan di MotoGP Argentina 2018.

MotoGP Argentina 2018 bisa dibilang balapan paling aneh bagi pembalap Repsol Honda tersebut. Disebut aneh karena Ia harus menerima serangkaian penalti, akibat perbuatannya yang tidak lazim dan sangat ceroboh, hingga menyebabkan pembalap lain celaka.

Start dari kelas para raja itu sendiri harus ditunda karena cuaca yang tiba-tiba berubah. Hampir semua pembalap memilih untuk kembali ke paddock, kecuali peraih pole Jack Miller. Walhasil hanya dia yang start di depan, sementara pembalap lain mundur beberpa grid.

Marquez Brutal Marc Marquez

Di sinilah letak kesalahan pertama Marquez terjadi. Honda RC213V miliknya tiba-tiba mati mesin. Namun dengan segala upaya, Ia mencoba menyalakan kembali motornya. Aksi tersebut terlihat oleh Race Direction namun Marquez mengacuhkannya.

Marquez dengan santai mengemudikan motornya melawan arah, setelah motornya kembali menyala. Atas perbuatannya, Ia berhak menerima hukuman Drive Trough Penalty. Marquez masuk pit ketika tengah memimpin jalannya lomba.

Keluar dari pit, Marquez mencoba tampil gila-gilaan. Dia berusaha untuk mengejar dan menyalip semua pembalap di depannya. Beberapa kali aksinya terlihat sangat agresif, sehingga beberapa kali bersentuhan dengan pembalap lainnya.

Senggolan pertama terlihat pada Aleix Espargaro yang membuatnya melebar. Marquez mengangkat tangan dengan maksud meminta maaf pada Espargaro. Insiden ini membuatnya dihukum turun satu posisi.

Marquez Brutal Marc Marquez

Kemudian puncaknya terjadi pada Valentino Rossi. Marquez terlihat menyodok terlalu dalam dan menabrak Rossi di depannya. Insiden tersebut membuat keduanya keluar lintasan. Sayangnya ban depan Rossi menginjak rumput yang membuatnya terjatuh.

Atas aksinya tersebut, penyelenggara balap memutuskan untuk memberikan hukuman penalti 30 detik pada Marquez. Rossi yang finish di tempat 19 kemudian hanya selisih satu posisi dengan Marquez di 18.

Usai lomba, Marquez berinisiatif untuk menyambangi paddock Rossi guna meminta maaf. Namun kunjungan tersebut tidak mendapat respon positif. Marquez terlihat seperti dimarahi oleh sahabat Rossi yakni Uccio.

Hubungan Rossi dan Marquez setelah insiden kali ini tentunya akan kembali memanas. Hal ini mengingatkan dengan peristiwa beberapa tahun silam di Sepang, Malaysia. [Dew/Ari]


Komentar