Marquez Bakal Tetap Juara MotoGP Meski Tanpa Honda

Marquez Juara Dunia MotoGP Tanpa Honda

PHILLIP ISLAND – Marc Marquez diklaim bakal tetap menjadi juara dunia MotoGP meskipun Ia tak lagi membalap bersama Honda.

Pernyataan tersebut keluar dari Mick Doohan yang notabene adalah pembalap tim Honda di era balap 500 cc. Hal tersebut diungkap bukan tanpa alasan karena menurut Doohan, Marquez-lah yang menjadi kunci utama.

“Bersyukur dengan dukungan motor balapnya karena Anda butuh mesin yang bagus. Tapi, saya rasa pembalap seperti Marquez yang membuat perbedaannya,” kata Doohan mengutip dari Motorsport.com

Berbeda kondisi ketika Doohan balapan. Legenda MotoGP asal Australia itu mengatakan kala itu mesin Honda seolah menjadi rujukan. Di mana untuk bisa menang mereka membutuhkan mesin tersebut. Namun, Doohan menyatakan hal itu tidak berlaku terhadap Marquez.

“Saya pikir, jika Marquez pindah ke pabrikan berbeda dan sesuai dengan kemauannya maka dia akan menang. Seperti Anda lihat dari Valentino Rossi, Eddie Lawson, di mana pembalap kuat adalah pembalap kuat,” terang pemegang juara dunia GP 500 sebanyak lima kali.

Bahkan, Doohan mengatakan kalau Marquez tak perlu membuktikan apa pun jika nantinya berganti motor. Doohan meyakini bahwa semua orang baik pembalap maupun penonton sangat mengetahui kekuatan Marquez ketika berada di atas motor dan lintasan balap.

“Banyak pesaing di posisi seperti Marquez tidak bisa memanfaatkan untuk mengembangkan mesin yang dimiliki. Sementara Marquez sanggup menempatkan segala kemampuannya dengan bagus,” turut Doohan lagi.

Pernyataan Doohan itu terlontar lantaran adanya rumor menyebut Marquez akan pindah ke Ducati pada 2021 mendatang. Bahkan, menurut sumber yang sama membocorkan adanya kontak antara Ducati-Marquez. Tapi, Marquez sendiri belum punya rencana hengkang dari pabrikan sayap mengepak. Selama Honda dinilai Marquez sanggup mengakomodasi motor juara. [Ary/Ari]