KTM Menang Banyak di Seri Terakhir MotoGP 2018 Share this
MotoGP
Mode baca

KTM Menang Banyak di Seri Terakhir MotoGP 2018

Denny Basudewa
pada 19 November 2018

Foto: Pol Espargaro di MotoGP Valencia 2018

VALENCIA – KTM menjadi brand yang paling banyak merengkuh kemenangan pada gelaran MotoGP 2018.

Pada kelas Moto3 tim asal Austria tersebut berhasil mengantarkan pembalapnya ke podium tertinggi. Melalui Can Oncu, tim yang identik dengan warna orange tersebut berhasil melintasi garis finish di tempat pertama.

Menjadi istimewa karena Oncu merupakan pembalap wildcard dari tim KTM Ajo. Pria asal Turki tersebut juga menjadi pembalap paling muda yang memenangkan kelas Moto3. Oncu hingga saat ini masih berusia 15 tahun. Pada perayaan kemenangan di atas podium, hanya dirinya yang tidak diberikan memegang botol sampanye untuk merayakannya.

KTM Can Oncu Melintasi Garis Finish di Moto3 Valencia 2018

Pada kelas Moto2, tim KTM Ajo juga kembali mengangkat tropi tertingginya. Tim asal Austria tersebut mengantarkan kemenangan bagi Miguel Oliveira. Pengguna nomor start 44 tersebut mampu keluar dari insiden pada lap pertama yang mengakibatkan banyak pembalap terjatuh.

Kemenangan Oliveira juga merupakan berkah dari Alex Marquez yang sempat memimpin jalannya lomba. Namun adik kandung dari Marc Marquez tersebut kehilangan grip ban motornya sehingga terjatuh. Padahal sebelumnya Ia tampil cukup impresif kali ini.

KTM Miguel Oliveira memenangkan balapan di Moto2 Valencia 2018

Kemudian pada kelas para raja yakni MotoGP, KTM memang tidak berhasil mengulang kemenangan yang diraih di kelas Moto3 dan Moto2. Namun apa yang dilakukan oleh Pol Espargaro sangat menyentuh dan tentunya membanggakan.

Memulai balapan dengan cukup baik, adik kandung dari Aleix Espargaro tersebut mampu memberikan perlawanan kepada barisan terdepan. Ia bahkan beberapa kali terlibat aksi overtake dengan Marc Marquez.

KTM Pol Espargaro finish ketiga di MotoGP Valencia 2018

Espargaro terjatuh ketika dirinya tengah memperebutkan posisi kedua. Namun Ia mampu kembali masuk lintasan dan melanjutkan balapan. Dewi fortuna seolah berpihak padanya karena balapan dihentikan karena hujan yang turun cukup deras.

Lalu pada paruh kedua balapan Ia sudah berada di urutan sepuluh besar. Espargaro berjibaku dengan Dani Pedrosa yang menjalani balapan terakhirnya di tim Repsol Honda. Setelah berhasil menyisihkan The Little Spaniard, Ia ketiban rejeki karena Valentino Rossi terjatuh.

Espargaro melintasi garis finish di posisi ketiga pada MotoGP Valencia 2018. Meskipun hanya naik podium ketiga, namun Ia berhasil membawa KTM untuk pertama kalinya naik podium di MotoGP 2018. [Dew/Ari]


Komentar