Kemenangan Marquez Akibat dari Pengujian Rangka Baru

Kemenangan Marquez
Marc Marquez keluar sebagai pemenang di MotoGP Ceko 2017

BRNO – Marc Marquez berhasil memenangkan balapan MotoGP Ceko 2017 berkat pengujian rangka baru pada saat liburan musim panas beberapa waktu silam.

Menurutnya, ini sebagai salah satu resep dirinya berhasil memenangkan lomba, meski tak memakai chassis (rangka motor) baru saat balapan MotoGP Ceko 2017.

Karena itu, dengan kondisi lintasan basah dan kering, Marquez mampu beradaptasi dan memaksimalkan gaya balapnya sepanjang lomba berlangsung. 

Memulai balapan di tempat pertama tidak menjadikannya superior di lintasan. Buktinya, pilihan ban Marquez ternyata salah sehingga membuatnya kelimpungan di awal lomba.

Disalip oleh beberapa pembalap membuat Marquez melakukan keputusan cepat. Pria asal Spanyol ini memilih untuk masuk pit untuk mengganti ban. Dirinya menggunakan ban slick pada saat beberapa bagian trek masih basah.

“Keputusan salah yang pertama kali saya lakukan adalah menggunakan ban kompon lembut karena ingin memimpin sejak awal. Saya masuk pit lebih awal karena merasa hanya ini kesempatan yang memungkinkan. Ini membuat saya nyaris terjatuh beberapa kali,” ujar Marquez.

Marquez melanjutkan balapan dengan kondisi matahari yang kembali menyinari sirkuit. Ini membuat kepercayaan dirinya bertambah. Bermodalkan motor kencang, pemilik nomor start 93 tersebut berhasil memperkecil jarak dengan pemimpin lomba.

Menampati pucuk podium, Marquez meraih 25 poin berkat pengambilan keputusan yang tepat.

“Saya mendapat informasi bahwa pembalap terdepan hanya berjarak 18 hingga 20 detik dan cuaca mulai membaik. Sirkuit yang umumnya membuat kami kesulitan, kini menjadi menyenangkan berkat uji coba yang dilakukan pada liburan musim panas kemarin,” jelas Marquez. [Dew/Ikh]