Ini Sirkuit Balap MotoGP Rancangan Rossi

Rossi Desain Sirkuit Balap

SPIELBERG – Valentino Rossi membuat sirkuit rancangannya dengan cara mengolaborasikan beberapa lintasan balap di MotoGP.

Saat penyelenggaraan MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, para pembalap ditantang mendesain sirkuit buatannya di hadapan media. Mulai dari Rossi, Andrea Dovizioso, Marc Marquez hingga Jorge Lorenzo. Tapi, Rossi-lah yang tampak serius mengerjakan tugas tersebut.

Terlihat di mana hanya goresan tangan Rossi yang mencerminkan sebuah sirkuit, sementara lainnya tampak melempar guyonan. Pembalap Movistar Yamaha itu mengatakan sempat melakoni pekerjaan serupa bersama sebuah media, tepatnya pada 2017. Jadi, Ia masih bisa mengingat, walaupun ada pula yang dilupakan oleh The Doctor.

“Saya mengambil bagian dari trek yang saya sukai. Sektor pertama (T1-T3) adalah Montmelo (Sirkuit Catalunya, Spanyol). Kemudian, saya coba memperlihatkan bagian terbaik dari Sirkuit Mugello (Italia) mulai dari tikungan Arrabiata (T4-T5),” papar Rossi.

Setelah itu, VR46 coba mengadopsi bagian trek dari Sirkuit Phillip Island, Australia. Sektor tersebut disukainya karena perpindahan arah motor cukup cepat. Makanya, Ia memasukkan lintasan itu ke area T6 hingga T8.

“Bagian berikutnya lupa, makanya saya membuat chicane (T9-T10) dan finish. Jadi, sirkuitnya hanya 10 tikungan dan panjangnya sekitar 3,8 km saja. Sedikit pendek, tapi tidak terlalu buruk,” tutup Rossi sembari tertawa. [Ary/Ari]