Honda, Sponsor F1 Jepang 2018

Honda
Suzuka Circuit

TOKYO – Honda mengkonfirmasi bahwa mereka akan menjadi sponsor utama penyelenggaraan F1 Jepang 2018.

Balap mobil formula tersebut akan digelar di sirkuit Suzuka, Jepang, pada 5 – 7 Oktober mendatang. Sirkuit Suzuka sendiri akan menjadi tuan rumah, dalam menggelar balapan Formula One selama 30 tahun sepanjang sejarah.

“Honda merasa sangat bersyukur bahwa akan merayakan penyelenggaraan yang ke-30 F1 GP Jepang di sirkuit Suzuka. Terima kasih atas dukungannya selama ini kepada para fans. Sebagai tuan rumah, kami akan menyiapkan berbagai konten yang akan membuat para penggemar nyaman,” ujar Takahiro Hachigo, President & Representative Director Honda Motor Co.

Sirkuit Suzuka sendiri diketahui memang dimiliki oleh Honda Motor Company, di bawah kendali Mobilityland Corporation. Lintasan sepanjang 5,8 kilometer ini pertama kali dibuka pada 1962. John Hugenholtz merupakan arsitek asal Belanda yang dipercaya untuk membuat rancang bangun sirkuit.

Sirkuit ini mengalami beberapa kali penyempurnaan desain guna membuat balapan semakin menarik. Ubahan layout trek paling serius dilakukan pada 2003, setelah terjadi insiden meninggalnya pembalap MotoGP Daijiro Kato pada tahun yang sama.

Chicane yang dianggap mematikan bagi pembalap motor tersebut diubah sehingga lebih ramah untuk para riders. Chicane tersebut kini lebih dikenal dengan nama Hitachi Automotive Systems.

Berdasarkan ubahan tersebut, sirkuit Suzuka kini memiliki lima konfigurasi. Lintasan tersebut kini mampu menggelar kegiatan balap motor dengan nama Suzuka East. Sementara Suzuka West hanya diperuntukkan bagi balap mobil. [Dew/Ari]