Honda Civic Type Rs jadi Mobil Harian Dua Pembalap F1

Honda Civic
Honda Civic Type Rs dan F1 Toro Rosso

LONDON – Honda memberikan dua unit Civic Type Rs untuk pembalap dari tim Scuderia Toro Rosso.

Mobil tersebut diberikan untuk kedua pembalap, ketika tidak sedang berada di dalam lintasan. Kendaraan tersebut dianggap pantas untuk dijadikan komuter bagi Pierre Gasly maaupun Brendon Hartley.

Hadiah ini bukanlah tanpa sebab, karena seperti diketahui bahwa tim Scuderia Toro Rosso saat ini menggunakan mesin dari Honda. Maka pemberian sports car asal Jepang tersebut terdengar agak lumrah.

Honda Civic Type Rs merupakan sports car yang memiliki sejarah panjang. Mobil ini sendiri memegang rekor kendaraan gerak-roda depang paling kencang di sirkuit Nurburgring, Jerman. Hal inilah yang dianggap pantas untuk digunakan oleh kedua pembalap F1 tersebut.

Gasly dikatakan sebagai pembalap yang tidak asing dengan kendaraan buatan Jepang. Tahun lalu dirinya tergabung di Honda Team Mugen di kejuaraan Super Formula Series. Adapun Ia meraih finish kedua di klasemen akhir.

Sementara Hartley yang merupakan jebolan 24 Hours of Le Mans dan FIA World Endurance Championship, belum akrab dengan produsen kendaraan asal Jepang. Namun popularitas Civic yang mendunia, dianggap akan mampu meluluhkan hati sang pembalap.

“Saya sangat beruntung untuk bisa memiliki Type R sebagai kendaraan sehari-hari. Saya sangat terkesan untuk bisa mencoba kendaraan yang sangat ikonik. Mungkin saya juga akan menggunakannya di sirkuit untuk dapat merasakan limitnya,” ucap Gasly. [Dew/Ari]