Menang di Silverstone, Poin Hamilton Dekati Vettel

SILVERSTONE – Tim Formula 1 Mercedes hari ini berhasil menguasai GP Inggris dengan menempatkan dua pembalapnya di peringkat satu dan dua. Sementara itu Ferrari harus mengalami insiden ban di lap-lap terakhir.

Lewis Hamilton berhasim memimpin balapan sejak awal. Start dari posisi terdepan, dirinya tidak dapat disusul oleh pembalap lain. posisi kedua diisi oleh Kimi Raikkonen dari Ferrari, Max Verstappen dari Red Bull Racing dan Sebastian Vettel dari Ferrari.

Tak lama setelah start, insiden terjadi yang melibatkan Carlos Sainz dan Daniil Kvyat dari Toro Rosso. Meski Kvyat bisa melanjutkan balapan, namun Carlos Sainz harus langsung meninggalkan lintasan.

Akibat insiden ini, safety car terpaksa masuk lintasan hingga lap ke 5. Selain itu Kvyat pun mendapat penalty selama lima detik karena dianggap membahayan pebalap lain.

Lap 19, Vettel masuk pit stop dan menemukan posisinya harus melorot di posisi keenam. Posisinya naik menjadi posisi kelima saat Verstappen masuk pit di lap berikutnya. Posisinya semakin naik saat Nico Hulkenberg dari Renault juga masuk pit di lap 22.

Pada lap 25, Bottas berhasil meraih posisi kedua setelah Raikkonen masuk pit. Raikkonen sendiri turun posisinya menjadi keempat. Lap 26, Hamilton masuk pit namun saat keluar, Ia masih memimpin jalannya balapan. Bottas baru masuk pit di lap ke-33 dan berada diposisi keempat saat kembali ke lintasan.

Perlu waktu lama bagi Bottas menyalip Vettel. Setelah sempat bertarung di lap ke-42, dirinya baru bisa meraih posisi ketiga di lap ke-43. Sementara itu, Hamilton semakin nyaman di posisi terdepan disusul oleh Raikkonen di posisi kedua.

Sepintas balapan akan berakhir dengan posisi Hamilton di depan, Raikkonen di posisi kedua, Bottas di posisi ketiga dan Vettel meraih posisi keempat. Namun menjelang lap terakhir, drama pun menimpa kedua pembalap Ferrari.

Lap ke 50, ban kiri Raikkonen robek dan terpaksa masuk pit untuk mengganti dengan ban baru. Sementara itu ban Vettel juga sempat kempes di lap 51 dan membuatnya tersingkir dari posisi lima besar.

Ini merupakan kemenangan kelima Hamilton di GP Inggris serta membuat dirinya menyamai rekor Jim Clark dan Alain Prost yang berhasil memiliki rekor sama. Tak hanya itu, hasil ini berhasil membuat selisih poin antara dirinya dengan Vettel hanya terpaut 1 poin. [Adi/Ikh]