Formasi Baru Pembalap dan Kepala Mekanik MotoGP 2019 Share this
MotoGP
Mode baca

Formasi Baru Pembalap dan Kepala Mekanik MotoGP 2019

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 25 November 2018

Foto: Francesco Bagnaia dikawal mantan kepala mekanik Jorge Lorenzo.

MADRID — Tantangan di MotoGO 2019 bukan hanya menjadi milik para pembalap saja. Para kepala mekanik anyar yang datang ke tim pun bakal diuji kemampuannya mengawal performa penunggang kuda besi tim.

Suasana baru juga bakal terasa, utamanya bagi pembalap maupun kepala mekanik baru dari sebuah tim. Hal tersebut tentunya dirasakan Andrea Iannone yang hijrah dari Suzuki Ecstar ke Aprilia Racing Team Gresini.

Di sana, Iannone bakal didampingi oleh kepala mekanik baru yaitu Fabrizio Cecchini. Sebelumnya, Cecchini juga pernah bekerja dengan Toni Elias hingga mendiang Marco Simoncelli. Tak hanya Iannone, rekan setimnya yaitu Aleix Espargaro juga dikawal kepala mekanik berbeda di tahun depan yakni Antonio Jiminez.

Sementara itu, kubu Honda sudah memastikan Ramon Aurin menjadi kepala mekanik Jorge Lorenzo. Sedangkan kursi Aurin di kubu Takaaki Nakagami diisi oleh Giacomo Guidotti yang sebelumnya mendampingi Dani Pedrosa. Marc Marquez masih akan tetap dikomandoi oleh Santi Hernandez, pun begitu dengan Cal Crutchlow dengan Christophe Bourguignon.

Yamaha masih akan mempertahankan duet Valentino Rossi dan Silvano Galbusera. Namun, perubahan terjadi di paddock milik Maverick Vinales. Esteban Garcia akan menjabat sebagai kepala mekaniknya untuk menggantikan Ramon Forcada. Sedangkan di tim satelit Yamaha (Petronas Yamaha SRT), Diego Gubellini akan memimpin dua pembalap mereka sekaligus, Franco Morbidelli dan Fabrio Quartararo.

Di Ducati tak ada perberdaan berarti di mana Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci dan Jack Miller tetap setia kepada kepala mekanik mereka di musim sebelumnya. Hanya saja, Christian Gabbarini yang menggawangi Lorenzo kini beralih bekerja dengan seorang rookie Francesco Bagnaia di tim satelit Ducati Alma Pramac Racing.

Penunggang Ducati lain dari Reale Avintia Racing yaitu Tito Rabat pun masih bersama Jarno Polastri. Termasuk Karel Abraham juga turut memboyong orang andalannya, Paolo Zavalloni dari Angel Nieto ke tim baru tersebut.

Joan Mir akan dibantu oleh Francesco Carchedi dalam melakoni debutnya di MotoGP 2019 bersama tim Suzuki Ecstar. Carchedi sendiri sebelumnya bekerja di tim Angel Nieto.

Garasi tim pabrikan KTM formasi Pol Espargaro-Paul Trevathan tetap dipertahankan. Sedangkan rekrutan baru KTM yakni Johann Zarco ditemani mentan kepala mekanik Aleix Espargaro, Marcus Eschenbacher. Dan, di tim setelit KTM Tech3, Guy Coulon ditunjuk melatih rookie lainnya yaitu Miguwl Oliveira. [Ary/Ari]


Komentar