For Sale: Sirkuit F1 di Brasil

Sirkuit-dijual
Sirkuit-dijual

SAO PAULO – Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace di Interlagos, Brasil yang biasa digunakan untuk penyelenggaraan F1 sejak 1972 dalam status dijual oleh pemerintah setempat.

Kondisi perekonomian negara setempat menyebabkan pemerintah Brasil harus melepas sirkuit yang tersohor itu.

Dalam sejarahnya, sirkuit ini pertama kali menjadi tuan rumah F1 pada 1972 dan menjadi tuan rumah F1 secara permanen sejak 1990.

Sirkuit ini memiliki 15 tikungan serta lintasan sepanjang 4,3 km dan dibuka pertama kali pada tahun 1940 dengan nama Autodromo de Interlagos. Selain F1, sirkuit ini juga menggelar 6 Hours of Sao Paulo yang diselenggarakan oleh FIA World Endurance Championship.

Kondisi ekonomi disebu sebagai penyulut dijualnya sirkuit ini. Menariknya, sudah ada tiga pihak yang menunjukkan minat terhadap sirkuit ini, termasuk salah satu petinggi F1, Bernie Ecclestone. Sebelumnya, Ia juga sudah memiliki Circuit Paul Ricard di Prancis.

Meski sudah ditawarkan ke pasar, namun sirkuit ini masih menjadi tuan rumah untuk sejumlah balapan. Salah satu balapan terbarunya adalah GP F1 Brasil 2017 yang dimenangkan oleh Sebastian Vettel dari Ferrari.

Ia berhasil menahan Valteri Bottas dari Mercedes hingga terpaut jarak cukup jauh. Sementara pembalap asal Brasil, Filipe Massa yang menjadi pembalap Williams berhasil meraih posisi ke tujuh.

Tidak ada informasi berapa harga dari sirkuit ini, meski demikian adalah hal yang menarik untuk bisa memiliki sirkuit pribadi. [Adi/Ikh]

Sumber: Carscoops.com