Ferrari Beri Jalan Hamilton Raih Kemenangan di F1 GP Spanyol 2017 Share this
F1
Mode baca

Ferrari Beri Jalan Hamilton Raih Kemenangan di F1 GP Spanyol 2017

Denny Basudewa
pada 15 May 2017

Foto: Lewis HamiltonMerayakan Kemenangan di F1 GP Spanyol 2017

CATALUNYA – Akibat salah pilih ban pada pada pergantian terakhir, Sebastian Vettel terpaksa merelakan posisi pertama pada Lewis Hamilton.

Mengawali balapan dari posisi kedua, Vettel melakukan start yang cukup bagus dengan menyalip Hamilton sebelum tikungan pertama. Menjalani balapan dengan cuaca yang cukup cerah, kedua mobil Ferrari sesungguhnya mempunyai pelung bagus. Namun Kimi Raikkonen mengalami nasib kurang mujur kali ini.

Rekan satu tim Vettel tersebut terlibat kontak dengan Max Verstappen dan Valtteri Bottas jelang tikungan pertama. Hal ini menyebabkan kerusakan suspensi pada mobil Raikkonen dan gagal meneruskan lomba.

Insiden yang dialami Vettel dan Verstappen sendiri memaksa Felipe Massa keluar lintasan. Demi menghindari tumbukan, Massa justru menyundul Fernando Alonso yang menyebabkan ban tungganngannya kempis. Sementara Alonso sendiri terperosok ke luar lintasan berkerikil.

Di Barisan terdepan, Vettel yang menggunakan ban soft terus memacu mobilnya sekencang mungkin. Pembalap Ferrari tersebut memperlebar jarak hingga unggul 4,7 detik dari Hamilton dan Bottas.

Kepemimpinan Vettel terus berlangsung hingga putaran 44 dari 66. Meskipun mendapat perintah dari tim untuk tampil menekan, Hamilton tetap tidak bisa memberikan serangan terhadap kompetitornya.

Peluang Hamilton untuk menyalip terbuka lebar ketika Vettel melakukan pergantian ban kedua. Aksi menegangkan diperlihatkan kedua pembalap di tikungan pertama. Persaingan keduanya kembali dimenangkan Vettel.

Vettel yang memilih ban medium terlihat keteteran menghadapi serangan demi serangan dari Hamilton. Sementara Hamilton yang menggunakan ban kompon soft, tampil lebih cepat dari seterunya tersebut.

Bermodalkan DRS pada trek lurus, Vettel tidak berdaya menahan pucuk pimpinan lomba. Hamilton melintasi garis finish sebagai pemenang di F1 GP Spanyol 2017. Ini merupakan kemenangannya yang kedua pada musim 2017. [Dew/Ikh]

Berikut hasil balapan F1 GP Spanyol 2017

  1. Lewis Hamilton GBR Mercedes - Mercedes 66 laps
  2. Sebastian Vettel GER Ferrari - Ferrari +3.4s
  3. Daniel Ricciardo AUS Red Bull - TAG +1m 15.8s
  4. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +1 lap
  5. Esteban Ocon FRA Force India-Mercedes +1 lap
  6. Nico Hulkenberg GER Renault - Renault +1 lap
  7. Carlos Sainz ESP Toro Rosso-Renault +1 lap
  8. Pascal Wehrlein GER Sauber - Ferrari +1 lap *
  9. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Renault +1 lap
  10. Romain Grosjean FRA Haas-Ferrari +1 lap
  11. Marcus Ericsson SWE Sauber - Ferrari +2 laps
  12. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +2 laps
  13. Felipe Massa BRA Williams - Mercedes +2 laps
  14. Kevin Magnussen DEN Haas-Ferrari +2 laps
  15. Jolyon Palmer GBR Renault - Renault +2 laps
  16. Lance Stroll CAN Williams - Mercedes +2 laps

Komentar