Ferrari Ancam Mundur dari F1

Ferrari-keluar-dari-f1
Ferrari-keluar-dari-f1

MARANELLO – Ferrari berencana untuk menolak ikut serta dalam Formula 1 musim 2021 bila usulan aturan baru dari penyelenggara disetujui.

Rencana keluar dari ajang balapan tersebut langsung disampaikan oleh Sergio Marchionne, CEO Ferrari. Ia mengatakan bahwa aturan tersebut merugikan pihaknya kecuali bila pemilik F1 menyedikan sejumlah fasilitas yang dapat bermanfaat untuk menjaga merk mereka di pasar.

Peraturan baru yang diusulkan untuk diaplikasikan paxa 2021 adalah adanya aturan pembatasan pengembangan mesin. Pembatasan tersebut dilakukan agar semakin banyak pabrikan mobil yang ikut serta dalam F1. Ross Brawn, Managing Director of F1 mengatakan kesenjangan perfoma antar tim harus saat ini harus dikendalikan. Tak hanya mesin, dana untik tim pun juga harus dibatasi.

Meski Ferrari setuju untuk mengurangi biaya untuk tim, namun mereka tidak setuju terhadap ide untuk mengurangi biaya pengembangan mesin yang dapat merusak ciri khas dari masing-masing tim.

Menariknya, Sergio mengklaim bahwa dengan keluarnya Ferrari dari Formula 1 justru akan memberi keuntungan tersendiri bagi merknyadan mereka akan menikmati kondisi tersebut hingga ada aturan berbeda. Namun bila Formula 1 kehilangan Ferrari, maka kondisinya akan tidak menguntungkan karena tim Kuda Jingkrak tersebut tidak pernah absen dari balapan tersebut dan potensi kehilangan pemasukan terbilang sangat besar.

Melihat sejarah panjang yang sudah ditorehkan Ferrari di Formula 1 ditambah dengan banyaknya fans mereka, bukan tidak mungkin aturan tersebut mungkin akan ditangguhkan oleh penyelenggara. [Adi/Ikh]

Sumber: Carscoops