Duet Rey-Faerozi Pimpin Balap Yamaha Endurance Festival 2018

Rey Ratukore-M Faeraozi Pole Position QTT Yamaha Endurance Festival 2018

BOGOR – Muhammad Faerozi dan Rey Ratukore mencatat waktu tercepat di kualifikasi Yamaha Endurance Festival 2018 kelas Open Class 250 cc di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat (29/9).

Rey Ratukore mengawali perjalanan sesi kualifikasi untuk tim Yamaha Yamalube Cargloss Racetech PARD RRS. Pembalap yang juga pernah mengikuti balap Suzuka 4 Hours ini membuat lap time 1 menit 44,704 detik. Ia juga mencatat waktu tercepat dari 14 rider blue atau pembalap pertama.

Tak cukup di situ, Faerozi sebagai pembalap kedua alias rider yellow nyatanya mampu menajamkan pencapaian tim dengan catatan 1 menit 44,238 detik. Setelah dihitung rata-rata kedua pembalap tersebut meraih lap time 1 menit 44,471 detik dan membuatnya start dari grid terdepan.

Sementara itu, posisi kedua akan diisi oleh Richard Taroreh dan Syahrul Amin dengan pencapaian 1 menit 45,326 detik. Diikuti Duo Gupita Kresna-Rusman Fadhil pada tempat ketiga.

Namun, starting grid ini bukan lah kunci untuk memenangkan balapan. Menurut Rey ada faktor lain yakni bagaimana pembalap melakukan start. Seperti diketahui, tata cara start di Yamaha Endurance Festival 2018 ini menggunakan Le-Mans style di mana pembalap harus berlari menyeberangi lintasan menuju motor setelah lampu padam.

Pembalap kembali melakukan simulasi start usai kualifikasi Yamaha Endurance Festival 2018.

“Kunci adalah fokus karena motor harus langsung di starter. Tapi, mekanik juga harus stabil menahan motor. Kalau tidak stabil, pembalap bisa kehilangan konsentrasi dan keseimbangan,” ujar Rey setelah kualifikasi tadi. [Ary/Ari]

Berikut hasil kualifikasi Yamaha Endurance Festival 2018 dari tiga kelas: