Ducati Lakukan Diet Ketat di MotoGP 2019

Ducati
Ducati MotoGP

VALENCIA – Tim Ducati Corse akan turun di MotoGP 2019 dengan pasukan yang lebih sedikit.

Hal inilah yang membuat manufaktur asal Italia tersebut mulai melakukan efisiensi. Beberapa kebijakan perusahaan terhadap pendanaan di kejuaraan balap motor paling digemari di seluruh penjuru muka bumi.

Seperti diketahui bahwa Ducati menurunkan empat tim di MotoGP 2018. Artinya banyak aliran dana yang masuk ke dalam kas pabrikan. Karena untuk mendapatkan mesin, tim satelit harus membayar kepada manufaktur.

Namun pada MotoGP 2019, jumlah tim Ducati menyusut. Ini dikarenakan Angel Nieto Team telah diakuisisi oleh Sepang International Circuit (SIC). Mereka mendirikan tim baru dengan menggunakan motor dari Yamaha (Petronas Yamaha SRT).

“Tahun depan kami menurunkan dua motor lebih sedikit dari sebelumnya. Tentunya ini sangat disayangkan dalam hal pemasukan, karena tim membantu kami khususnya untuk urusan ekonomi,” sebut Gigi Dall’igna, General Manajer Ducati seperti dikutip Motorsport.com.

Di balik efisiensi yang akan dilakukan oleh Ducati musim depan, namun sang Manajer justru dimudahkan dalam hal menentukan setingan motor. Menurutnya, menyiapkan motor untuk tiga tim lebih mudah daripada sebelumnya.

“Pada musim depan, kami memiliki tiga pembalap dengan motor 2018 dan tiga lainnya dengan mesin 2019. Memang kami akan mendapatkan lebih sedikit uang, namun bagi saya ini adalah sebuah langkah maju,” jelasnya kemudian.

Selain Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci yang akan menggunakan mesin 2019, Jack Miller akan mendapat kesempatan menggeber Desmosedici terbaru pada MotoGP 2019. [Dew/Ari]