Dorna Umumkan Kelas Supersport 300 baru untuk Musim Depan Share this
Balap Lain
Mode baca

Dorna Umumkan Kelas Supersport 300 baru untuk Musim Depan

Denny Basudewa
pada 28 September 2016

Foto: Kelas baru mulai diperlombakan musim depan

MIES – FIM dan Dorna baru saja mengumumkan bahwa musim depan akan ada kejuaraan baru yakni World Supersport 300 Championship (WorldSSP 300).

Kejuaraan baru ini ditujukan untuk pembalap pemula yang masuk ke dalam bagian dari World Superbike Championship. Untuk bisa berkompetisi di kejuaraan tersebut, pembalap minimal berusia 15 tahun.

“Platform baru ini akan menjadi ajang yang sempurna untuk mengembangkan bakat pembalap masa depan. Tujuan diadakannya kelas baru ini adalah untuk menciptakan jenjang kejuaraan nasional,” ucap Vito Ippolito, Presiden FIM.

Menurutnya, kelas baru ini telah dirancang sedemikian rupa agar bisa mengembangkan bakat-bakat muda. Selain itu para manufaktur juga dimudahkan untuk mencari bibit unggul pembalap masa depannya.

Dorna menyatakan bahwa pabrikan motor yang sudah menyatakan minatnya untuk sementara ini adalah Honda (CBR500R), Kawasaki (Ninja 300), Yamaha (YZF-R3), dan KTM (RC390).

Seluruh motor yang ikut dalam kejuaraan ini akan menggunakan nomor start warna putih dengan latar biru. Tidak seperti kelas Superstock 1000 yang menggunakan lata merah dan nomor putih. Kendaraan yang digunakan harus terhomologlasi atau dijual masal.

“Terdapat minat yang tinggi untuk sepedamotor berkapasitas rendah di dalam cabang olahraga ini. Kejuaraan WorldSSP 300 dihadirkan untuk berusaha memenuhi permintaan tersebut,” kata Direktur Eksekutif WorldSBK, Javier Alonso.

Alonso juga mengatakan bahwa kelas ini akan dipromosikan oleh para manufaktur sebagai balapan yang paling mudah diakses. Ini merupakan tempat terbaik untuk memunculkan bibit pembalap muda berbakat.

Jadwal balapan kelas 300cc ini akan segera diumumkan sekaligus siapa saja pembalap dan timnya untuk musim depan. [Dew/Ikh]


Komentar