Crutchlow: Lorenzo Belum Kencang

Crutchlow Nilai Aksi Lorenzo bersama Honda
Cal Crutchlow saat naik podium di MotoGP Jepang 2018.

RAMSEY – Cal Crutchlow mengatakan belum terkesan dengan aksi Jorge Lorenzo bersama Honda RC213V.

Usai melakoni musim balap terakhirnya bersama Ducati, Lorenzo mulai mengikuti tes pramusim untuk persiapan MotoGP 2019 bersama Honda. Lorenzo juga sudah menjalani dua kali pengujian di Valencia dan Jerez.

Namun, Crutchlow selaku pembalap tes Honda Racing Corporation (HRC) melihat Lorenzo belum cukup kencang. Sebenarnya wajar karena ini adalah pertama kalinya X-Fuera menunggangi Honda RC213V. Ditambah lagi, Crutchlow tidak bisa berpartisipasi dalam sesi kali itu karena cedera.

“Saya kecewa tidak ikut di dua tes musim dingin. Padahal, ini penting bagi Honda untuk mendapatkan informasi krusial untuk menentukan pengembangan,” kata Crutchlow.

Pembalap LCR Honda menyebut bahwa di dua tes tersebut, Marquez-lah yang menggantikan perannya. Marquez sangat mengetahui motor Honda, tapi belum bagi Lorenzo.

“Saya percaya dia akan melakukannya dengan menggunakan data Honda. Sejauh ini Lorenzo terlihat kompetitif di satu putaran. Tapi, secara keseluruhan dia belum terlalu kencang. Dia harus mengenal lagi motor lebih baik. Memang tidak mudah, namun saya yakin dengannya jika motor mendapatkan setup yang benar,” tutur Crutchlow.

Meski begitu, Lorenzo dan Marquez sepakat mengenai apa yang harus dilakukan Honda terhadap motor mereka. Sedangkan Crutchlow rencananya akan bergabung dalam pengembangan lanjutan motor Honda di tes pramusim Sepang, tahun depan. [Ary/Ari]