Crutchlow Akhirnya Merajai MotoGP Argentina Share this
MotoGP
Mode baca

Crutchlow Akhirnya Merajai MotoGP Argentina

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 09 April 2018

SANTIAGO DEL ESTERO - Cal Crutchlow akhirnya berhasil merajai Sirkuit Termas de Rio Hondo di perhelatan MotoGP Argentina setelah bersaing dengan Johann Zarco dan Alex Rins.

Pertarungan lanjutan MotoGP 2018 berlangsung di Argentina (9/4/2018). Namun, keriuhan terjadi sebelum balapan di Sirkuit Termas de Rio Hondo dimulai. Saat semua pembalap berada di starting grid, race direction memutuskan menunda balapan.

Ketika semuanya kembali ke paddock, Jack Miller yang ada di pole position justru tak bergeming. Ketika start dilakukan, Miller diuntungkan karena mendapatkan jarak dengan pembalap lainnya.

Tiba-tiba, Marc Marquez mendorong motornya keluar grid. Seharusnya Marquez start dari pit lane. Namun, dia mengacuhkan saran pimpinan balap untuk kembali ke grid untuk melakukan start seperti biasa.

Pembalap Repsol Honda ini memang sempat memimpin balapan. Akan tetapi, dia harus masuk pit karena diganjar penalti. Dengan begitu, posisinya melorot ke urutan 19. Marquez sempat berjibaku untuk memperbaiki posisi dan memaksanya lebih agresif. Beberapa pembalap seperti Aleix Espargaro dan Valentino Rossi merasakan langsung aksi Marquez tersebut.

Miller pun kembali memimpin jalannya balapan. Sedangkan di belakangnya ada Alex Rins (Suzuki Ecstar), Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) dan Cal Crutchlow (LCR Honda). Alhasil, pertarungan podium menjadi milik empat pembalap ini karena jarak pembalap lainnya cukup jauh.

Miller memimpin balapan dalam waktu yang lama. Rins yang ada di posisi kedua mulai mendekat dan sesekali mengancam. Serangan rider Suzuki Ecstar itu baru bisa dilakukan ketika balapan menyisakan 9 lap. Akan tetapi, Rins membuat kesalahan dan membuat posisi digeser kembali oleh Miller dan Zarco.

Dua lap berselang, Miller bergantian melebar dan posisi pun kembali berubah karena kali ini urutannya adalah Zarco, Crutchlow dan Rins. Setelah bertarung sengit, Crutchlow mampu mengatasi perlawanan Zarco dan Rins. Bagi Crutchlow, ini adalah podium ketiganya di Argentina. Sebelumnya, pembalap Inggris itu sudah pernah meraih dua kali podium tiga di tahun 2015 dan 2017.

Sementara itu, Marquez sebenarnya menyelesaikan balapan di urutan kelima. Namun, dari hasil resmi MotoGP Argentina tertulis dia menempati posisi 18 atau satu peringkat di atas Rossi yang sebelumnya dijatuhkan oleh Marquez.[Ary/Ari]

MotoGP Argentina result 2018


Komentar