Bottas Tutup Formula 1 2017 dengan Kemenangan

Bottas menang
Bottas menang

ABU DHABI – Seri terakhir Formula 1 2017 berhasil dimenangkan oleh Valtteri Botttas dari Mercedes. Pada Formula 1 Etihad Airways Abu Dhabi Grand Prix 2017 ini, Bottas berhasil menjadi yang tercepat setelah berhasil menjaga jarak dari rekan satu tomnya, Lewis Hamilton yang harus puas dengan finish kedua.

Sementara itu duo Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen yang harus puas finish ketiga dan keempat. Max Verstappen dari Red Bull menutup posisi lima besar.

Di belakang mereka, ada Nico Hulkenberg dari Renault di peringkat keenam disusul oleh dua pembalap Force India yaitu Sergio Perez dan Esteban Ocon. Fernando Alonso dari McLaren berhasil meraih posisi sembilan sementara Filipe Massa dari Williams menutup posisi 10 besar.

Boleh dikatakan bahwa Bottas memang layak untuk memenangkan balapan hari ini karena Ia berhasil meraih pole position dan nyaris tidak melakukan kesalahan apapun sepanjang balapan. Hamilton yang berusaha mengejarnya pun tidak bisa berbuat banyak.

Bottas menggunakan menggunakan ban ultrasoft dari Pirelli dan berhasil menjaga jarak sekitar 2,5 detik dari Hamilton ketika Ia masuk pit pada lap ke 22. Hamilton pun memimpin namun tidak bertahan lama karena Ia harus masuk pit dan mengganti bannya dengan ban supersoft. Ia pun kembali di posisi kedua. Namun, pergantian jenis ban ini berhaisl memberi keuntungan pada Hamilton karena pada lap 29, karena Ia berhasil mengurangi jarak dengan Bottas menjadi hanya 1,1 detik. Namun, Bottas berhasil mengatasinya.

Pada lap 49, Hamilton pun berhasil mengurangi jarak hingga setengah detik ketika Bottas harus melakukan overlap pada Alonso. Namun sayangnya, jarak tersebut tidak bertahan lama karena kembali Bottas berhasil mempertahankan posisinya. Hingga balapan berakhir, Bottas tidak memberi celah kepada Hamilton untuk menyusulnya.

Hasil akhirnya adalah Hamilton harus mengaku kalah dengan selisih waktu 3.8 detik sementara Ferrari tertinggal dibelakangnya dengan cukup jauh, nyaris 20 detik.

Formula 1 baru akan dilangsungkan kembali pada tahun depandengan beberapa aturan baru yang diharapkan bisa membuat balapan ini semakin menarik. [Adi/Ikh]