Boss Repsol Honda Tanggapi Positif Keterpurukan Dua Pembalapnya

Repsol Honda
Marc Marquez dan Dani Pedrosa di MotoGP Argentina 2017

TERMAS DE RIO HONDO – Marc Marquez dan Dani Pedrosa mengawali awal musim paling buruk, namun Livio Suppo selaku Sport Director HRC tetap menanggapi positif raihan para pembalapnya.

Pada MotoGP Argentina beberapa waktu silam, tidak satupun pembalap Repsol Honda mampu meraih poin karena salah memilih kompon ban. Usai balapan di Argentina, Marquez menempati urutan delapan di klasemen sementara, Pedrosa berada di peringkat 10. Ini merupakan start paling buruk tim pabrikan Honda tersebut sejak dua musim terakhir.

13 poin raihan Marquez hingga saat ini terpaut 37 angka dari pemuncak klasemen Maverick Vinales. Bahkan pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut belum pernah menjejakkan kaki di podium sejak balapan pertama di Qatar.

“Strategi Marc di Argentina adalah tampil ngotot sejak awal lomba dan berjuang untuk meraih posisi pertama. Sayangnya sedikit kesalahan membuatnya terjatuh dan kehilangan peluang. Dani juga memiliki potensi untuk naik podium, namun sejak start dia mulai kewalahan dan akhirnya terjatuh di tempat yang sama dengan Marc,” ujar Suppo seperti dikutip Speedweek.com.

Meskipun tampil buruk, bos Honda tersebut enggan menyalahkan kedua pembalapnya. Dirinya menyatakan kedua pembalap tetap memiliki kecepatan lebih baik dari kompetitornya. Suppo menyadari bahwa musibah yang menimpa timnya merupakan bagian dari olahraga balap motor.

“Positifnya bahwa Dani dan Marc memiliki kekcepatan yang baik. Hal ini membuktikan bahwa RC213V kami masih kompetitif di lintasan. Kedua pembalap kami yang terjatuh memang hasil negatif, tapi ini merupakan bagian dari balapan,” jelas Suppo.

Menurutnya, sisi positif dari buruknya penampilan kedua anak buahnya adalah tidak ada yang mengalami cedera. Pria plontos tersebut menyatakan timnya fokus membangkitkan mental Pedrosa dan Marquez agar mampu bangkit pada balapan selanjutnya.

Gelaran MotoGP 2017 akan berlanjut di Circuit of the Americas (COTA), Texas pada 23 April mendatang. Di lintasan balap tersebut, Marquez masih memegang rekor tidak terkalahkan. Bahkan pada musim 2013 dan 2014, kedua pembalap Repsol Honda mengunci podium pertama dan kedua. [Dew/Ikh]

Comments