Bekasi Wacanakan Punya Sirkuit Balap Permanen

Sirkuit Balap Motor di Bekasi

BEKASI – Mantan pembalap nasional, Ahmad Jayadi menemui pihak DPRD Kota Bekasi untuk menyampaikan usul mengenai penggarapan sirkuit balap di wilayah tersebut.

Ide ini tentu tak lepas dari masukan para praktisi maupun pembalap agar Bekasi bisa secara mandiri menampung potensi bakat-bakat muda di arena balap. Tapi, untuk merealisasikannya, peran pemerintah maupun legislatif sangat dibutuhkan untuk mendukung secara kebijakan agar menghasilkan sebuah produk atau talenta berkualitas.

Hal ini mendasari seorang Ahmad Jayadi membuka wacana baru dalam hal mencetak generasi muda cerdas berprestasi, sekaligus mengedukasi masyarakat. Konteksnya adalah memberi ruang buat mereka berproses mengeksresikan minat dan bakat di dunia olahraga khususnya balap motor.

“Dasarnya adalah Bekasi belum memiliki fasilitas untuk generasi muda yang memiliki minat di dunia motorsport. Sementara dilihat dari potensinya ada mulai dari bibit pembalap hingga bengkel-bengkel modifikasi. Bukan hanya untuk mereka yang hobi balap, namun penting lagi berguna dalam kaitannya dengan pendidikan kesadaran berkendara untuk keselamatan di jalan. Banyak pihak berkeinginan agar Bekasi memiliki tempat yang refresentatif berupa lahan sirkuit,” katanya lagi.

Aspirasi inilah yang disampaikan Jayadi kepada wakil rakyat di DPRD Kota Bekasi untuk berdiskusi mencari solusinya dalam pertemuan dengan Drs H Heri Koswara, Wakil ketua DPRD Bekasi dan Ir Chairoman J Putro selaku Ketua Praksi DPRD Bekasi, Rabu (26/12) lalu di Kantor DPRD Kota Bekasi.

Jayadi menambahkan, fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan juga untuk pendidikan keselamatan berkendara dalam upaya meminimalisir tingkat kecelakaan di jalan. Edukasi mengenai safety riding untuk pengguna sepeda motor juga bisa dilakukan di lahan tersebut sebagai bagian dari kampanye keselamatan dengan mengajak beberapa pihak termasuk komunitas atau klub motor.

Sementara Heri Koswara menyambut baik aspirasi tersebut karena memiliki tujuan yang baik dalam memacu prestasi di kalangan generasi muda. Dari hasil pertemuan itu tercetus areal di sekitar pinggir utara Kota Bekasi untuk dapat digunakan sebagai lahan pembangunan sirkuit.

“Aspirasi ini harusnya bisa terealisasi, karena selain dapat menekan aksi kebut-kebutan di jalan juga akan bisa melahirkan kembali pembalap nasional yang dapat mengharumkan Kota Bekasi sebagai penerus kejayaan Ahmad Jayadi,” ujar Heri.

Sementara itu, Heri mengatakan dampak lain yang akan ditimbulkan adalah peningkatan perekonomian untuk masyarakat di sekitar sirkuit. [Ary/Ari]