Aprilia Tunjuk Bradley Smith Sebagai Pembalap Tes Share this
MotoGP
Mode baca

Aprilia Tunjuk Bradley Smith Sebagai Pembalap Tes

Denny Basudewa
pada 08 September 2018

Foto: Aprilia Tunjuk Bradley Smith

NOALE – Aprilia mengumumkan Bradley Smith sebagai pembalap tester mereka untuk musim balap 2019.

Smith untuk saat ini masih terikat kontrak sebagai pembalap KTM MotoGP 2018. Namun masa depan pria asal Inggris tersebut masih belum jelas. Sebaliknya mantan pembalap satelit Yamaha sempat dikaitkan untuk kembali memperkuat skuat berlambang Garpu Tala.

Pengumuman ini datang sebelum FP1 MotoGP Misano 2018 dimulai. Smith akan membantu Aleix Espargaro dan Andrea Iannone dalam pengembangan motor Aprilia. Menariknya selain menjadi tester, Smith juga dipercaya untuk tampil sebagai wild card musim depan.

Aprilia sendiri mendapat jatah untuk menurunkan pembalap wild card sebanyak enam kali. Namun hingga saat ini, belum bisa dipastikan apakah Smith akan turun sepenuhnya atau bergantian dengan tester lainnya.

Smith merupakan pembalap kelahiran 1980. Ia mengawali karir untuk pertama kalinya di kejuaraan motocross. Kemudian Ia melakukan debutnya bersama Aprilia Superteens. Smith hijrah ke kejuaraan dunia kelas 125 pada 2006 dan meraih podium pertama kalinya pada tahun yang sama.

Pada 2009 Smith menjadi runner up, lalu pindah ke kelas Moto2 pada 2011 dan 2012. Di MotoGP pada 2013, Ia berhasil finish di podium sebanyak dua kali dan menempati posisi 10 besar di klasemen. Prestasi lainnya adalah menjadi juara pada kejuaraan Suzuka 8 hours pada 2015.

Aprilia sendiri dikatakan mengikuti langkah pabrikan lain yang merekrut pembalap tester dari kalangan MotoGP yang berpengalaman. [Dew/Ari]


Komentar