Yamaha Gelar Balap Mirip Suzuka 8 Hours di Sentul

Yamaha
Yamaha Endurance

JAKARTA – Yamaha Indonesia akan menggelar balap ketahanan yang menyiksa mesin, selama berjam-jam di lintasan sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat (30/09/2018).

Pabrikan berlambang Garpu Tala tersebut mengatakan bahwa event ini terinspirasi oleh Suzuka 8 Hours. Adapun di Indonesia, balapan ketahanan belum pernah ada sebelumnya. Sehingga Yamaha akan menjadi pelopor dari lahirnya kegiatan menyiksa mesin kendaraan.

Terdapat tiga kelas yang akan diperlombakan yakni Open Class 250 cc (2 jam) untuk komunitas dan profesional. Selain itu adapula kelas Community 250 cc (1 jam) dan terakhir kelas Community 150 (1 jam).

Dikatakan bahwa balap ketahanan yang diselenggarakan oleh Yamaha Indonesia nantinya akan menggunakan gaya Le Mans. Cara yang digunakan pada balapan di Eropa tersebut mengharuskan para pembalap memulai lomba dengan posisi menjauh dari kendaraan.

Para rider berdiri di samping trek sirkuit bersebrangan dengan motor mereka yang telah disusun sesuai dengan hasil grid position. Ketika bendera start dikibarkan, mereka langsung berlari ke motor lalu menaikinya dan menghidupkan mesin lalu memulai jalannya balapan.

Acara yang dibuka untuk umum secara gratis ini menyajikan beragam aktivitas seru, baik yang bersifat racing maupun entertainment. Tak ketinggalan, ribuan hadiah menarik juga disediakan khusus bagi para pengunjung acara.

Kegiatan hiburan seperti ice cream party, kompetisi aerobik bagi keluarga, kompetisi futsal dan slow riding bagi komunitas, hingga puncaknya akan ada penampilan spesial dari grup band Armada. Bagi pengunjung yang membawa keluarga serta anak-anak, terdapat area bazar kuliner dan kids play ground bagi mereka untuk menghabiskan waktu dengan penuh keceriaan.

“Yamaha membuat sebuah inovasi baru dengan menghadirkan balap ketahanan, dalam balutan kemeriahan festival yang pertama di Indonesia. Acara ini akan menjadi momen berkumpulnya para komunitas sesama pengguna sepeda motor, khususnya Yamaha. Inilah bentuk komitmen nyata kami dalam memanjakan dan memuaskan konsumen,” jelas Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. [Dew/Ari]