New Panigale V4 Lebih Liar Berkat Mesin Desmosedici Stradale V4

Desmosedici Stradale V4
Desmosedici Stradale V4 resmi diluncurkan

MISANO – Ducati secara resmi meluncurkan mesin baru Desmosedici Stradale V4 yang akan disematkan dalam diri Ducati Panigale V4.

Mesin Desmosedici Stradale V4 ini merupakan mesin balap MotoGP versi jalan raya di mana tetap akan memberikan performa maksimal dengan efesiensi terbaik. Mesin ini diklaim mampu memaksimalkan torsi tengah guna meningkatkan kenyamanan berkendara, torsi dan tenaga terasa sejak awal layaknya mesin pada motor untuk perkotaan pada umumnya.

Mesin ini memiliki displacement lebih besar 1.103 cm3 jika dibandingkan dengan versi mesin Ducati di MotoGP. Mesin ini juga disokong dengan konfigurasi mesin compliant Euro 4 yang mampu menyemburkan tenaga 210 hp pada 13.000 rpm dan torsi maksimal 12,2 Nm pada 8.750-12.250 rpm.

Sedangkan pada versi R akan memiliki kapasitas kurang lebih 1.000cc dengan konfigurasi lebih tinggi untuk digunakan dalam lintasan balap. Mesin versi R ini masih dalam tahap pengembangan dan akan digunakan pada motor balap Ducati yang mengikuti Superbike Championship 2019.

Sama seperti mesin Ducati yang digunakan di setiap kompetisi balap, mesin ini telah dilengkapi dengan crankshaft dengan tipe counter-rotating. Crankshaft tersebut diklaim mampu mengurangi efek gyroscopic dan membuat motor lebih cepat dan lincah ketika bermanuver.

Desmosedici Stradale V4 ini memiliki cylinder bore 81 mm yang sama dengan mesin Ducati di MotoGP. Dengan menggunakan cylinder bore yang sama dengan versi Desmosedici GP ini berarti kedua power unit akan membagi cairan dalam mesin dengan dinamis.

Dengan kata lain mesin ini didesain dari sistem Desmodromic yang mampu membawa motor balap prototype Ducati tercepat di MotoGP. Pada mesin berperforma ini, sistem “Desmo” telah menunjukkan kecanggihan, ringan dan kompak yang belum pernah dimiliki Ducati sebelumnya.

Desmosedici Stradale V4

Berikut spesifikasi lengkap mesin Desmosedici Stradale V4.

  • 1,103 cm3 4-cylinder 90-degree V
  • Bore x stroke 81 x 53.5 mm
  • Compression ratio 14:1
  • Maximum power exceeds 210 hp at 13,000 rpm
  • Maximum torque exceeds 120 Nm from 8,750 to 12,250 rpm Counter-rotating crankshaft Twin Pulse firing sequence, crank pins offset at 70°
  • Euro 4 emissions
  • Desmodromic part chain, part gear timing with dual overhead camshaft, 4 valves per cylinder
  • Wet multiplate anti-patter servo clutch
  • Semi-dry sump lubrication with four oil pumps: 1 delivery and 3 return
  • Fuelling with four oval throttle bodies (52 mm diameter equivalent) and variable-height intake horns 6-speed gearbox with DQS up/down system
  • 24,000 km “Desmo-service” maintenance interval

“Mesin ini merupakan awal dari sebuah babak baru bagi perusahaan kami dengan tetap menghasilkan produk baru berkualitas. Mesin ini juga menunjukka kolaborasi yang baik antara divisi Ducati Corse dan factory bike development team. Di EICMA pada November mendatang, kami akan meluncurkan new Panigale V4 yang merupakan generasi baru sepedamotor dengan mesin luar biasa,” tutur Claudio Domenicali, CEO Ducati. [Amo/Ikh}