Honda akan Patenkan Variable Valve Timing untuk Motor

Honda
Honda CBR VTEC

NEW YORK – Honda disebut-sebut akan mematenkan teknologi variable valve pada motor-motor buatannya.

Hal ini diungkapkan berdasarkan aplikasi yang hendak didaftarkan. Pabrikan asal Jepang tersebut dikatakan ingin mematenkan teknologi buatannya yang akrab dengan nama VTEC. Jika sebelumnya sistem bukaan katup mesin ini disandingkan untuk mobil, maka kali ini mereka akan menyematkannya pada model CBR.

Honda diketahui telah memasangkan teknologi VTEC pada model VFR800. Guna membuat teknologi tersebut lebih istimewa, manufaktur berlambang Sayap Mengepak ini hendak mendaftarkan cara kerja VTEC buatannya.

Hal ini secara tidak langsung membuat pabrikan motor lain di seluruh dunia tidak bisa menggunakan teknologi yang serupa, meskipun dengan nama yang berbeda.

Honda VTEC
Honda VTEC

Seperti diketahui bahwa beberapa pabrikan motor mencoba untuk menerapkan hal yang serupa. Teknologi yang mengatur bukaan katup (valve) di dalam ruang mesin, berhasil membuat proses pembakaran lebih sempurna dan efisien.

“Ketika poros bergerak saklar dipindahkan secara longitudinal di bawah tekanan hidrolik yang digerakkan oleh katup solenoid. Mekanisme kem memajukan dan menarik pin sakelar. Dengan cara ini, mesin mendapatkan fitur terbaik dari camshaft kecepatan rendah dan kecepatan tinggi di mesin yang sama,” tulis Honda pada aplikasi yang ingin didaftarkan.

Dalam aplikasi tersebut terlihat mereka telah menyertakan Honda CBR1000RR/Fireblade. Dikatakan Honda juga menyiapkan teknologi VTEC untuk model Gold Wing di masa depan. [Dew/Ari]