Suzuki GSX150 Bandit Lincah dan Berbahaya

Suzuki
Suzuki GSX150 bandit

BANDUNG – Suzuki GSX150 Bandit berhasil membuktikan ketangguhannya di berbagai medan dalam Touring Teman Satu Tujuan 22-25 Oktober 2018.

Menempuh rute dari Surabaya hingga Bandung, Suzuki GSX150 Bandit digeber selama kurang lebih selama 30 jam. Motor sport naked ini juga bergulir jarak hingga 1.105 kilometer. Otospirit yang menjadi bagian dalam touring tersebut di atas menghadapi berbagai fakta menakjubkan bersama kuda besi buatan Cikarang satu ini.

Sebagai pendatang baru di kelas sport 150 cc, Suzuki GSX150 Bandit mewarisi ketangguhan mesin GSX-R150 dan GSX-S150. Dikatakan bahwa ketiga tipe motor sport 150 dari Suzuki menggunakan mesin yang sama persis.

Pembeda ketiga varian tersebut lebih kepada posisi berkendara. Suzuki GSX-R150 lebih sporti dengan posisi pengendara lebih menunduk. Dengan alat kemudi underyoke, motor ini sangat menantang bagi konsumen yang gemar akan kecepatan.

Suzuki
Suzuki GSX150 Bandit

Sementara Suzuki GSX-S150 merupakan varian yang lebih santai daripara versi R. Selain tidak menggunakan fairing layaknya versi R, GSX-S150 menggunakan alat kemudi model one-piece. Model kemudi tersebut sama dengan Bandit.

Namun pada Suzuki GSX150 Bandit terasa lebih tinggi sehingga menambah kenyamanan berkendara. Selain itu, suspensi bandit juga memiliki jarak travel lebih panjang. Hal ini dikarenakan sang Bandit memang diperuntukkan sebagai motor harian yang nyaman.

Suzuki GSX150 Bandit juga memiliki jok yang lebih tebal daripada dua pendahulunya. Hal ini membuat ketinggian jok dari tanah bertambah 0.5 cm. Si Bandit memiliki jarak ketinggan jok 790 mm dari tanah.

Suzuki
Suzuki GSX150 Bandit

Suzuki GSX150 Bandit memiliki bobot lebih berat 5 kg dari varian GSX lainnya dengan total 135 kilogram. Namun hal tersebut tidak mengurangi kenyamanan kendaraan, justru kami merasakan Bandit lebih lincah dari dua pendahulunya.

Disebut berbahaya karena kami merasa Suzuki GSX150 Bandit, tidak hanya menawarkan kemampuan mesin nan tangguh. Produk terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut ternyata juga efisien. Kombinasi ini tentunya menuntut perhatian kompetitor-kompetitor di kelasnya.

Selama perjalanan Touring Teman Satu Tujuan, Otospirit tercatat menggunakan Suzuki GSX150 Bandit dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 1 liter 48,49 kilometer. Dengan bobot pengendara 95 kilogram, motor yang kami gunakan cukup irit karena selama perjalanan kami beberapa kali mencoba akselerasi.

Suzuki GSX150 Bandit sempat kami geber maksimal pada etape 3 dari Yogyakarta menuju Pangandaran. Tercatat pada panel instrumen kami mencapai kecepatan maksimal 134 km/jam. Sementara raihan tercepat mencapai 140 km/jam.

Suzuki
Suzuki GSX150 Bandit

Adapun handling Bandit juga cukup lincah sehingga manuver di perkotaan akan menyenangkan. Sementara Suzuki GSX150 Bandit dibanderol cukup menarik yakni Rp 26 juta dan tentunya akan memberikan pilihan baru bagi para konsumen di kelas 150 cc. [Dew/Ari]