Spesifikasi Lengkap Moto Guzzi V9, Ada Fitur Peredam Torsi Mesin Share this
Motor Baru
Mode baca

Spesifikasi Lengkap Moto Guzzi V9, Ada Fitur Peredam Torsi Mesin

Denny Basudewa
pada 28 September 2016

Foto: Peluncuran Moto Guzzi V9

JAKARTA – Moto Guzzi V9 dibanderol setara Mitsubishi Pajero Sport. Jika melihat tampilan sekilas, kuda besi ini tidak berbeda jauh dengan model V7 yang lebih dulu hadir ke Tanah Air.

Melihat lebih jauh kehebatan motor gede (moge) asal Italia tersebut, mari kita telisik lebih jauh.

Moto Guzzi V9 hadir dalam dua varian yakni Roamer dan Bobber. Keduanya diyakini memiliki gaya dan karakteristik berbeda. Berada di bawah naungan Piaggio Group, Moto Guzzi V9 melengkapi keluarga besar motobike asal Italia tersebut.

Berbicara fitur, kedua kendaraan ini telah didukung oleh perangkat ABS dan kontrol traksi paling mutakhir. Kontrol tersebut terintegrasi dengan sistem elektronik mesin dengan dua tingkatan serta dapat dinonaktifkan. Hal tersebut diklaim guna memberikan cengkraman lebih kuat pada roda belakang dan mengurangi torsi berlebih pada mesin.

Salah satu fitur yang cukup istimewa pada sepedamotor ini adalah Moto Guzzi Multimedia Platform. Fitur tersebut dapat menghubungkan smartphone dengan kendaraan. Sehingga pengendaran bisa mendapatkan beragam informasi bermanfaat selama perjalanan.

Moto Guzzi V9 Roamer tersedia dalam tiga warna berbeda, dengan sentuhan akhir mengilap: Giallo Solare (Kuning Surya/Solar Yellow), Bianco Classico (Putih Klasik/Classic White), dan Rosso Rubino (Merah Delima/Ruby Red).

Motor ini diklaim sebagai teman yang ramah untuk diajak berpetualang jarak jauh. Hal ini dibuktikan dengan jok yang empuk dan panjang. Sang pengendara diyakini akan betah berlama-lama di atas kendaraan sembari menikmati keindahan alam.

Beralih ke bagian kaki-kaki, Moto Guzzi V9 Roamer kian gagah berkat penggunaan lingkar roda berdiameter 19”. Sedangkan lingkar roda berkelir Matt Black tersebut berbalut ban 100/90 pada bagian depan dan 150/90 pada bagian belakang.

Sementara itu Moto Guzzi V9 Bobber dua warna dengan sentuhan matt, yaitu Nero Massiccio (Hitam Kelam/Solid Black) dan Grigio Sport (Abu-abu Terang/Sporty Grey).

Bobber sendiri identik dengan sepedamotor berbody ramping, atletis, dan minimalis. Moto Guzzi V9 Bobber dikatakan mempertemukan gaya klasik dan moden dengan penempatan jok lebih rendah. Hal ini didapatkan dari penggunaan lingkar roda 16” dan berbalut ban 130/90 (depan) dan 150/90 (belakang).

Jantung pacu kedua motor ini menggunakan mesin yang sama persis. Jantung penggeraknya tipe V-twin, 4-stroke dan 2-valves pada setiap silindernya yang berkapasitas 850cc. Dengan mesin tersebut, Moto Guzzi V9 dapat menghasilkan tenaga sebesar 55 hp pada 6,250 rpm. Kemudian torsi maksimal motor ini bisa menghasilkan 62 nm pada 3000 rpm saja. [Dew/Ikh]


Komentar