Rossi Pecundangi Motobot di Lintasan Share this

Rossi Pecundangi Motobot di Lintasan

Denny Basudewa
pada 02 November 2017

Foto: Motobat Yamaha

CALIFORNIA – Valentino Rossi berhasil mengalahkan Motobot yang merupakan robot hasil pengembangan Yamaha.

Yamaha beberapa tahun belakangan ini terus mengembangkan sebuah motor otonom dengan basis R1M. Motor jenis sport dari Yamaha tersebut, menggunakan perangkat hardware yang dinamakan dengan Motobot.

Sosok robot buatan pabrikan motor berlambang Garpu Tala tersebut, mendeklarasikan bahwa dirinya mampu mengalahkan legenda balap MotoGP. Tidak tanggung-tanggung, Motobot menantang Rossi di lintasan balap guna mendapatkan catatan waktu paling cepat.

Bertempat di Thunderhill Raceway Park, California, Motobot kabarnya dapat mengalahkan perolehan waktu juara dunia MotoGP 7 kali tersebut. Keduanya menggunakan motor yang sama yakni Yamaha R1M.

Namun yang terjadi justru sebaliknya. Alih-alih Motobot mampu mengalahkan pembalap Movistar Yamaha MotoGP, robot tersebut justru dipecundangi. Berdasarkan catatan waktu, Motobot tertinggal 30 detik dari hasil yang ditorehkan Rossi.

Meskipun kalah cukup jauh, langkah Yamaha dalam menciptakan motor otonom sangat luar biasa. Dengan bentuk layaknya manusia, Motobot mampu berkerja baik dalam mengontrol motor. Mahluk ciptaan Yamaha tersebut sangat piawai mengatur bukaan gas, rem hingga kopling.

Setiap gerak-gerik Rossi di lintasan menjadi acuan Motobot untuk mengendarai motor. Namun jika dibandingkan dengan pembalap sekaliber Rossi, robot ini jelas kalah pengalaman. Dalam hal ini feeling pembalap berjuluk The Doctor tersebut sudah jauh terasah.

Namun seperti dalam video yang dirilis Yamaha, mereka masih belum puas dengan hasil ini. Pabrikan motor asal negeri Sakura tersebut bertekad untuk terus mengembangkan Motobot. [Dew/Ikh]


Komentar