Rayakan Ultah, BBMC Indonesia Gagas Festival Layangan Internasional Share this
Berita Motor
Mode baca

Rayakan Ultah, BBMC Indonesia Gagas Festival Layangan Internasional

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 12 April 2018

JAKARTA - Komunitas motor, Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia menyiapkan muatan unik yakni menggelar festival layang-layang internasional dalam menyambut ulang tahunnya.

BBMC dikenal sebagai komunitas yang selalu punya kegiatan unik dan nyentrik. Namun, benang merah yang diusung selalu merujuk kepada sosial, budaya, pendidikan serta wawasan kebangsaan. Hal ini pula yang coba dituangkan pada perayaan puncak ulang tahun ketujuh BBMC chapter Jakarta.

Pada acara yang akan dipusatkan di pantai Tegal Papak, Pandeglang, Banten, Minggu (14/4/2018), BBMC chapter Jakarta sudah membuat tema besar bernama Summer Breeze. Salah satu konten menariknya adalah festival layang-layang internasional hasil kerjasama dengan Museum Layang-Layang Indonesia dan didukung oleh Pemprov Banten sesuai dengan program Exciting Banten.

Acara ini akan menarik karena setiap chapter BBMC akan menampilkan karya layang-layang terbaiknya untuk diadu dengan peserta lain dari luar negeri yakni negara-negara Asean. Kegiatan ini tidak terlepas dari program BBMC yakni Brotherhood For Culture untuk menjaga budaya nasional.

Sejalan dengan budaya setempat, akan ditampilkan pula atraksi Debus serta Rampak Bedug. Anggota BBMC Jakarta Chapter sendiri akan tampil membawakan budaya Betawi berupa Palang Pintu dalam pembukaan acara. Ini bertujuan pula untuk memajukan pariwisata daerah.

Sesuai dengan lokasinya yang mengambil pantai, BBMC Jakarta Chapter juga akan mengadakan festival kuliner dengan memanfaatkan sumber daya laut. Sedangkan sajian lain untuk para undangan dari berbagai klub dan komunitas, BBMC Jakarta Chapter akan menyuguhkan Liwetride, yakni tradisi makan bersama untuk para bikers yang hadir.

"Tema Summer Breeze untuk menunjukan bahwa kita memiliki kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara ala BBMC. Festival Layang-Layang Internasional adalah konten utama untuk melestarikan budaya tradisional kita yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Banten dengan program Exciting Banten serta melibatkan peserta dari luar negeri. Layang-layang memiliki simbol dan filosofi yang kuat dalam persaudaraan,” ujar Herry Gotri, Vice President BBMC Jakarta Chapter.

Herry Gotri menambahkan bahwa pemberitahuan event kepada masyarakat setempat serta kalangan klub motor di Serang sudah jauh-jauh hari dilakukan. “ Kami telah mendonasi Al Quran kepada pondok pesantren, lalu ada Jam Session sekaligus gathering dengan klub motor Serang pada 10 Maret 2018,” jelasnya.

Sementara unsur sosial yang tetap menjadi ciri khas BBMC untuk masyarakat seperti khitanan massal akan diadakan pada hari Jumat (13/4) yang didukung oleh Bank BJB di Alun-alun Serang. Realisasi kegiatan ini juga tetap mengacu pada program Brotherhood for Children Care. Rangkaian acara Summer Breeze mendapat dukungan dari Coklat Retro, Bank BJB, Gerai Cipta, Dapur Cokelat, Lauders, HDCI Bogor serta Pemprov Banten. [Ary/Ari]


Komentar