Motor Listrik Gesits akan “Disiksa” 1.200 Kilometer Share this
Motor Konsep
Mode baca

Motor Listrik Gesits akan “Disiksa” 1.200 Kilometer

Denny Basudewa
pada 07 November 2016

Foto: Seremonial pelepasan Gesits

JAKARTA – Skuter listrik hasil kolaborasi Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yaki Gesits mulai "disiksa" hari ini Senin (07/11).

Sejak dikenalkan pada Mei 2016 silam, kini skuter listrik buatan Tanah Air tersebut akan melakukan serangkaian uji coba bertajuk “Gesits Tour De Jawa-Bali”. Kuda besi tersebut akan "disiksa" dengan menempuh perjalanan sekitar 1.200 km (Jakarta-Denpasar) dengan dikendarai beberapa pengendara dari ITS mulai 7-12 November 2016.

Selama lima hari ke depan, Gesits akan "disiksa" setiap komponennya hingga akhirnya siap di produksi masal. Beberapa aspek yang diuji antara lain jarak tempuh dan konsumsi energi, serta pengujian aspek keselamatan.

Untuk memastikan kegiatan uji ketahanan ini berjalan lancar, kelima rider yang mengendarai Gesits juga akan mendapat dukungan dari para mekanik berikut ketersediaan suku cadang yang menemani selama perjalanan.

"Kami ingin berterima kasih kepada pemerintah serta masyarakat Indonesia atas dukungannya, agar Gesits menjadi solusi kendaraan alternatif untuk menuju kemandirian ekonomi dan mendukung Go Green. Selamat dan sukses untuk para rider Gesits!," ujar Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo Group.

Seremonial pelepasan Gesits Tour De Jawa-Bali, dilakukan di Kantor Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Menristekdikti, Mohammad Nasir, perwakilan Korlantas Polri, Presiden Institut Otomotif Indonesia Made Dana Tangkas, bersama anggota dari Garansindo dan ITS, turut hadir untuk melepas skutik karya anak bangsa tersebut.

"Kami selalu mendorong inovasi untuk kemajuan bangsa. Pasar akan merespons positif apabila kualitas dan harganya baik, kalau tidak baik dan tidak kompetitif akan menjadi masalah. Kalau sudah baik, ayo kita cintai produk dalam negeri," ujar M. Nasir.

Untuk diketahui, Gesits adalah skutik bertenaga listrik dengan daya 5 kw, dengan jarak tempuh 80-100 km dalam satu pengisian baterai. Gesits diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 100 km per jam atau setara dengan skuter bermesin konvensional 125 cc. Untuk pengisian ulang baterainya sendiri membutuhkan waktu 1,5 - 3 jam. [Dew/Ikh]


Komentar