Ducati 1299 Panigale R Final Edition Diluncurkan dan Dihadiri Dua Pembalap WSBK

New Ducati 1299 Panigale R Final Edition
New Ducati 1299 Panigale R Final Edition

CALIFORNIA – Ducati 1299 Panigale R Final Edition diluncurkan di Sirkuit Laguna Seca, California, Amerika Serikat.

Peluncuran motor sport ini hadiri oleh Chaz Davies dan Marco Melandri yang sekaligus menunggangi Ducati 1299 Panigale R Final Edition di sirkuit kebanggaan masyarakat AS.

Klaim perusahaan asal Italia tersebut, motor sport terbaru ini merupakan produk eksklusif yang lahir dari rasa hormat dan kekaguman akan mesin bersejarah Ducati. Mesin twin-cylinder ini menuliskan sejarah besar Ducati di World Superbike Championship.

New 1299 Panigale R Final Edition merupakan edisi terbatas dan hadir dengan livery tiga warna khas Ducati. Motor sport terbaru ini diklaim memiliki teknologi canggih, performa mengagumkan dan desain sangat sporty.

Desain motor sport baru ini hadir dengan perpaduan warna merah, putih dan hijau dengan lingkar roda 17” berwarna merah. Tampilan ini diyakini akan menghidupkan kembali motor sport Ducati yang telah mencatatkan sejarah di World Superbike.

Bagian mesin menjadi senjata utama Ducati dalam memasarkan produk eksklusifnya ini. Mengusung mesin Superquadro L-twin cylinder 4-valve Desmodromic liquid-cooler berkapasitas 1.285cc, motor ini mampu menyemburkan tenaga 209 pada 11.000 rpm dan torsi 142 Nm pada 9.000 rpm.

Dipadukan dengan transmisi 6-speed dengan Ducati Quick Shift (DQS) diyakini akan memberikan performa luar biasa. Mesinnya dikembangkan oleh tim balap Ducati (Ducati Corse). Ducati 1299 Panigale R Final Edition mengusung struktur rangka ultra-compact monocoque dikaitkan dengan suspensi Ohlins di belakang.

Suara mesinnya disalurkan ke muffler Akrapovic dengan high-dual silencer seperti pada Panigale R untuk ajang World Superbike. Selama berkendara, rider akan ditemani fitur Bosch Inertial Measurement Unit (IMU), ABS Cornering, Ducati Wheelie Control EVO (DWC EVO), Ducati Traction Control EVO (DTC EVO) dan Engine Brake Control (EBC).

“Saya sangat bangga untuk mengenalkan versi terbaru dari Panigale. Kami ingin memberi penghormatan kepada mesin twin-cylinder yang telah membuat Ducati memenangkan semua balapan di SBK Championship. Singkatnya mesin ini telah menuliskan sejarah tersendiri di World Superbike,” tutur Claudio Domenicali, CEO Ducati. [Amo/Ikh]