Kepolisian London Pakai Motor Hidrogen

Suzuki Burgman
Suzuki Burgman

LONDON – Metropolitan Police Service akan menggunakan Suzuki Burgman yang menggunakan bahan bakar hidrogen untuk bertugas.

Seiring dengan program Walikota London yang berusaha untuk mengurangi polusi udara, kepolisian setempat akan menggunakan 7 unit Suzuki Burgman untuk bertugas. Dengan menggunakan bahan bakar hidrogen, Burgman dipastikan tidak akan menghasilkan gas emisi sama sekali. Ini salah satu rangkaian kerjasama sekaligus uji coba selama 18 bulan ke depan.

Kerjasama ini juga merupakan proses uji coba kemampuan Burgman, di mana skutik ini akan digunakan dalam berbagai kegiatan kepolisian. Selain sebagai alat transportasi, skutik ini diyakini akan memberikan pengetahuan kepada para petugas mengenai teknologi ramah lingkungan.

Di masa depan, Metropolitan Police Service berharap agar teknologi tersebut dapat diaplikasian di setiap kendaraan operasional. Suzuki Burgman akan digunakan oleh divisi Roads and Transport Policing Command yakni Police Community Support Officers yang memiliki markas di Alperton Deployment Centre.

Selain bekerjasama dengan Suzuki Motor Corporation, Metropolitan Police Service juga mendapatkan dukungan dari Advanced Propulsion Center (APC) dan British Intelligent Energy. Dengan adanya kerjasama tersebut, proyek ini dipastikan berjalan sesuai dengan harapan berbagai pihak.

“Sebagai kepolisian terbesar di Inggris, kami telah memiliki dan menggunakan berbagai kendaraan di jalan. Oleh karena itu, kami bertujuan untuk membuat kendaraan operasional kami ramah lingkungan dan tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutur Neil Jerome, Commander Territorial Policing London.

Keuntungan dari proyek ini tidak hanya dirasakan oleh kepolisian London saja, Suzuki Motor Corporation juga dapat peroleh berbagai keuntungan. Salah satu keuntungan yang didapat Suzuki yaitu peluang besar untuk dapat mengembangkan teknologi fuel-cell Burgman.

“Suzuki merasa sangat terhormat untuk dapat membuktikan Burgman Fuel Cell dan mendapatkan respon dari uji coba penting ini bersama Metropolitan Police Service. Data operasional yang kami peroleh dari uji coba ini akan kami kumpulkan dan digunakan untuk mendukung program pengembangan kendaraan tanpa emisi Suzuki,” tutur Nobuo Suyama, Managing Director Suzuki GB.

Suzuki Burgman Fuel Cell ini belum dipasarkan untuk masyarakat luas dan Metropolitan Police Service merupakan organisasi pertama di luar Jepang yang memiliki kesempatan untuk merasakan kemampuan skutik ini. Skutik ini telah dilengkapi dengan teknologi Telematics sehingga Suzuki dapat mengumpulkan dan menganalisa data selama skutik ini digunakan. [Amo/Ikh]