Kawasaki Ninja ZX-10R 2019 Naik 3 Hp Berkat Valve Actuation Share this
Motor Baru
Mode baca

Kawasaki Ninja ZX-10R 2019 Naik 3 Hp Berkat Valve Actuation

Denny Basudewa
pada 03 September 2018

Foto: Kawasaki Ninja ZX-10R 2019

HOOFDDORP – Kawasaki Ninja ZX-10R 2019 mendapat sentuhan baru pada bagian mesin yang dikatakan meningkat sebanyak 3 hp.

Dikembangkan berdasarkan pengalaman Kawasaki sebagai juara dunia World Superbike (WSBK) tiga musim berturut-turut, new ZX-10R diklaim memiliki tenaga dan torsi lebih besar. Lebih jauh ubahan pada mesin terletak pada pengaturan klep yang semakin baik.

Kabarnya, dengan menggunakan head-silinder baru, new Kawasaki Ninja ZX-10R kini memiliki tenaga maksimal 200 hp atau naik 3 hp dari generasi sebelumnya. Sentuhan pada mesin juga diimbangi dengan penggunaan knalpot standar kompetisi.

Mesin baru Kawasaki Ninja ZX-10R dikatakan bahwa dirancang langsung oleh para insinyur mereka yang terlibat di WSBK. Teknologi dalam dunia balap tersebut diaplikasikan pada Ninja ZX-10R, sehingga mampu memberikan pengalaman berkendara lebih baik.

Bukaan klep yang lebih baik dikatakan mampu mereduksi energi yang terbuang sia-sia sebanyak 20 persen. Hal ini juga dikatakan memungkinkan Kawasaki Ninja ZX-10R menggunakan kem yang lebih agresif.

Ubahan tersebut di atas diberikan tanda khusus sebagai pembeda. Kepala silinder kawasaki Ninja ZX-10R kini menggunakan kepala silinder berwarna merah. Hal ini dinamakan dengan Testarossa atau ‘Akai Atama’ yang memiliki arti kurang lebihnya ‘Merah yang pintar’.

Sentuhan pada mesin Kawasaki Ninja terbaru mencakup pada tiga varian mereka yakni ZX-10R, ZX-10R SE dan ZX-10RR yang telah mengantungi homologasi sebagai kendaraan balap. Varian yang terakhir disebut hanya dijual terbatas 500 unit saja di dunia.

Sementara spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-10RR lebih ringan 400 gram dan tidak putaran mesin tidak dibatasi. Adapun Ninja ZX-10RR mampu menelurkan daya maksimal sebesar 204 hp tanpa menggunakan Ram Air. [Dew/Ari]

Lebih lanjut di Otospirit
Kawasaki Ninja ZX-10R 2019 Naik 3 Hp Berkat Valve Actuation


Komentar