Honda PCX Listrik Mulai Dijual Besok

Honda PCX Listrik Mulai Dijual Besok

TOKYO – Penjualan sekaligus program cicilan Honda PCX listrik mulai dilakukan besok (30/11), namun dalam jumlah yang masih terbatas dan untuk pasar Jepang saja.

Produk terbaru Honda Motorcycle Japan Co., Ltd., yaitu Honda PCX listrik segera melakoni debutnya ke jalan raya. Untuk itu, mereka pun sudah membuka keran pemesanan terhadap skutik dengan baterai sebagai sumber tenaganya tersebut.

Namun, pihak pabrikan akan lebih dulu menyasar calon konsumen dari kalangan pebisnis. Pasalnya, Honda PCX yang akan diproduksi masih terbatas, 250 unit saja. Sementara itu, mereka yang sudah membeli akan mendapatkan motornya pada 2019 mendatang.

Honda melakukan dua metode pengiriman Honda PCX listrik pada 2019. Sebanyak 30 konsumen yang memesan pada periode 29 November 2018-15 Januari 2019 bakal menerima unit motor di rentang 1 Maret-26 April 2019. Sedangkan pemesan 1 Maret-15 April 2019 diharapkan bisa mengendarai Honda PCX listrik di 1 Juni-2 Agustus 2019.

Selain program penjualan, Honda juga akan menyediakan unit peminjaman atau penyewaan Honda PCX listrik di kawasan metropolitan dan tempat-tempat wisata di Jepang. Selain memenuhi kebutuhan domestik, Honda PCX listrik juga turut menyeberangi kawasan Asia Tenggara. Salah satu contohnya adalah Honda PCX listrik menjadi unit demonstrasi untuk pemanfaatan listrik surplus di Filipina.

Sementara penjualannya dilakukan terlebih dahulu kepada korporasi. Langkah ini sepertinya menjadi cara ideal untuk pasar Indonesia. Apalagi, Honda PCX listrik juga sudah sempat diperlihatkan PT Astra Honda Motor (AHM) di pameran Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2018 lalu. Sayangnya, belum ada detail berapa harga jual Honda PCX listrik.

Honda PCX listrik mengandalkan dua unit baterai lithium ion berkapasitas 96 volt dengan masing-masing mobile power pack berdaya 48 volt. Dalam sekali pengisian penuh, baterai mampu membawa Honda PCX listrik berjalan sejauh 41 km (kecepatan konstan 60 km/jam dan satu orang pengendara).

Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama mengisi secara langsung tanpa melepas paket baterai, dapat terisi penuh dalam waktu 6 jam. Kedua, melepaskan paket baterai dari motor dan bakal penuh dalam waktu lebih singkat, 4 saja. [Ary/Ari]