Honda PCX Hybrid Lebih Mahal Rp 10 Juta, Ini Kelebihannya Share this

Honda PCX Hybrid Lebih Mahal Rp 10 Juta, Ini Kelebihannya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 April 2018

JAKARTA - Honda PCX Hybrid dijual lebih mahal Rp 10 juta dibanding varian bermesin bensin, lantas apa saja kelebihannya?

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan Honda PCX Hybrid untuk pertama kalinya di Tanah Air melalui event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Meski sudah mengumumkan penjualannya, pihak produsen enggan menyebutkan harga secara gamblang.

Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM mengatakan harga PCX Hybrid lebih mahal Rp 10 juta dari Honda PCX versi bensin. Itu lantaran Honda PCX Hybrid menyematkan perangkat tambahan untuk meningkatkan performanya.

"Dalam pengembangan produk ini, kami coba memberikan pengalaman berkendara yang nyaman dan menyenangkan serta tetap mempertahankan performanya melalui sistem hybrid," buka Jumpei Omori, Honda R&D Co., Ltd. Motorcycle R&D Center PCX Hyrbid Large Project Leader.

Jumpei meyakini pengguna Honda PCX Hybrid juga akan merasakan langsung pengembangan motor hybrid pertama dari Honda.

"Sistem hybrid pada Honda PCX menggunakan motor assist di mana performanya lebih unggul 20-30 persen dan sensasi berkendaranya satu tingkat lebih tinggi dari PCX bensin," terangnya.

Motor assist tersebut disematkan pada ACG starter yang berfungsi memicu tenaga pada mesin bensin Honda PCX 150. Penggunaan material inti starter dengan plat baja elektromagnetik, membuat tampilan Honda PCX Hybrid tetap kompak tanpa mengubah struktur dasarnya.

Meski begitu, kapasitas bagasi Honda PCX (bensin) 25 liter, sedikit dikorbankan pada Honda PCX Hybrid. Terhitung ruang penyimpanan barang di bawah menjadi 23,3 liter dan meski masih tetap mampu menampung helm full face.

Berkurangnya kapasitas ruang penyimpanan ini dikarenakan Honda PCX Hybrid sudah menggunakan baterai lithium berkapasitas 50,4 volt 4 ampere, down regulator dan junction unit. Ketiganya adalah bagian dari perangkat pendukung sistem pada Honda PCX Hybrid. [Ary/Ari]


Komentar