Honda Pamerkan CB1100TR Concept di EICMA 2016 Share this
Motor Konsep
Mode baca

Honda Pamerkan CB1100TR Concept di EICMA 2016

Denny Basudewa
pada 09 November 2016

Foto: Honda CB1100TR

MILAN – Honda tidak hanya menampilkan model-model terbaru saja pada event EICMA show 2016 yang diselenggarakan di kota Milan, Italia. Mereka juga memamerkan motor konsep seperti Honda CB1100TR satu ini.

Pabrikan dengan lambang Sayap Mengepak tersebut juga memamerkan CB1100TR concept yang bertampang sangar. Terinspirasi dari kejuaraan flat track di Amerika Serikat, sepedamotor ini di desain oleh bagian riset dan development Honda yang berada di Roma.

Mereka memberikan julukan bagi sepedamotor ini ‘King of Urban Flat Track Circuit’. Dalam hal ini Honda CB1100TR dibuat semirip mungkin dengan tunggangan untuk kejuaraan tersebut.

Meskipun sangat kental dengan nuansa balap, kuda besi ini didesain sebagai motor jalanan yang fokus pada selera konsumen di benua Eropa. Perpaduan goresan tinta biru dan merah menghiasi motor yang memiliki warna dasar krom.

Warna merah menyala juga disematkan pada bagian jok single seater layaknya sebuah motor balap sungguhan. Di bawahnya, terlihat nomor 58 untuk menghormati jasa Marco Simoncelli. Pembalap MotoGP yang meninggal lima tahun silam akibat kecelakaan di Sepang, Malaysia.

Menilik spesifikasi dari motor tersebut, Honda Roma terlihat menyematkan dua buah suspensi Ohlins pada motor ini. Bagian paling unik adalah penyalur gas buang kendaraan yang akrab disebut knalpot terlihat meliuk-liuk di bawah swing arm.

Perangkat pengereman pada motor ini juga tidak kalah unik karena tidak memiliki lubang-lubang alias polos. Pada bagian depan, Honda CB1100TR menggunakan kaliper Brembo, sedangkan untuk belakang menggunakan Nissin.

Melirik ke atas, tangki motor memiliki bentuk yang tidak lazim. Lekukan tajam membuat sepedamotor ini terlihat nyentrik. Logo sayap mengepak ciri khas Honda yang menempel pada tangki berwarna emas sehingga serasi dengan suspensi dan alat kemudi.

Sejatinya motor balap tidak memerlukan lampu, Honda justru menempatkan sebuah kamera mini di tengah-tengah pelat nomor start yang juga menampilkan angka 58. Bagaimana menurut OS Lover mengenai tunggangan tribute to Marco Simencelli ini? [Dew/Ikh]


Komentar