Honda CB650R, Keluarga Baru Neo Sports Cafe

Honda CB650R
Honda CB650R

MILAN – Honda meluncurkan Honda CB650R pada EICMA 2018 di Milan. Honda CB650R langsung menjadi anggota baru dari keluarga Neo Sports Cafe.

Setelah sukses dengan CB150R dan CB1000R, kini keluarga Neo Sports Cafe kedatangan keluarga baru. Honda CB650R hadir guna melengkapi jajaran motor bergaya klasik-modern a la Honda. Motor ini dikembangkan dengan menggunakan CB650F sebagai basisnya.

Produk terbaru dari honda ini menggunakan mesin yang sama persis dengan CB650F. Adapun semburan tenaganya mencapai 95 hp pada 12.000 rpm, dari ruang bakar berkapasitas 649 cc empat-silinder segaris berpendingin udara. Kemudian torsinya sebesar 64 Nm pada 8.500 rpm.

Semburan tenaga motor ini dikatakan lebih besar 5 persen dari generasi sebelumnya. Hal ini berkat bobot total kendaraan lebih ringan hampir 6 kilogram. Selain itu penyempurnaan sistem elektronik membuat raungan mesin bertambah 1.000 rpm.

Kuda besi bergaya cafe racer ini menggunakan sistem kaki-kaki yang mumpuni agar pengendalian kendaraan tetap bisa diandalkan. Salah satunya penggunaan suspensi USD Showa berdiameter 41 mm pada bagian depan. Tidak hanya menggugah penampilan, peredam kejut ini juga menambah kenyamanan berkendara.

Sementara pada bagian belakang menggunakan monoshock damper dengan fungsi adjustable preload. Adapun jarak stroke peredam kejut dari Showa ini  43.5 mm.

CB650R telah dilengkapi dengan Honda Selectable Torque Control. Di mana di dalamnya terdapat fitur assist/slipper clutch dan beberapa fitur keselamatan lainnya. Fitur tersebut ditampilkan pada panel instrumen modern pada motor tersebut. [Dew/Ari]