Edisi Terakhir Ducati Panigale 1299 R Final Edition Mulai Disebar

Ducati Panigale 1299 R Final Edition 2018

BOLOGNA – Ducati Panigale 1299 R Final Edition edisi terakhir saat ini sedang dikirim pihak pabrikan ke dealer.

Penggarapan Ducati Panigale 1299 R Final Edition sudah memasuki tahap akhir. Sejak diperkenalkan 2017, motor ini memang ditetapkan sebagai salah satu model terbatas Ducati dengan jumlah produksi hanya 1.299 unit saja.

Memang belum ada informasi sudah berapa banyak edisi spesial itu dibeli konsumen. Pun demikian dengan jumlah unit garapan hingga November 2018 ini. Namun, sang kuda besi jelas menjanjikan sebuah kebanggaan untuk sang pemilik.

Panigale 1299 R Final Edition dibangun menggunakan mesin twin cylinder yang bersejarah bagi Ducati di ajang World Superbike Championship (WSBK). Identitasnya pun dituangkan melalui livery khas Ducati dan yang terpenting adalah kemampuan motor berbobot 179 kg ini di jalanan.

Dengan mesin Superquadro L-twin cylinder 4-valve Desmodromic liquid-cooler berkapasitas 1.285 cc, motor ini mampu menyemburkan tenaga 209 pada 11.000 rpm dan torsi 142 Nm di 9.000 rpm.

Ketangguhannya pun maksimal karena motor kreasi bareng pihak Ducati Corse itu juga didukung perangkat dan fitur mumpuni. Sebut saja transmisi 6-speed dengan Ducati Quick Shift (DQS), sasis ultra-compact monocoque dan suspensi belakang Ohlins.

Pada dirinya juga terdapat paket elektronik Bosch Inertial Measurement Unit (IMU) berpelengkap ABS Cornering, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO serta Engine Brake Control (EBC). Melalui sistem itu pula empunya bisa memilih tiga mode berkendara yakni Race, Sport dan Wet.

Walau kental dengan nuansa balap, Ducati Panigale 1299 R Final Edition nyatanya sudah memenuhi standar emisi Euro 4. Selain itu, setiap pembeli motor ini juga akan mendapatkan sertifikat yang menjadikannya tunggangan seharga $ 39.900 atau lebih dari setengah miliar ini kian eksklusif untuk dimiliki. [Ary/Ari]