Ducati Panigale V4 R 2019 Punya Aerodinamika A la MotoGP

Ducati Panigale V4 R 2019 Dipacu di Sirkuit Mugello, Italia.

BOLOGNA – Ducati Panigale V4 R 2019 digarap secara spesial karena memiliki aerodinamika a la motor balap Ducati di MotoGP.

Tak seperti versi sebelumnya, model terbaru dari Panigale V4 R ini memperkuat karakternya sebagai motor balap resmi di jalan raya. Untuk itu, Ducati pun melakukan cukup banyak ubahan demi merangsang calon pembeli.

Khalayak pasti sepakat bahwa motor ini memiliki tampilan, terutama pada fairing serat karbon seperti kuda besi MotoGP. Ditambah lagi pengaplikasian winglet di kedua sisinya. Kenyataannya, perangkat tersebut memang diadopsi dari Ducati Desmosedici GP16 yang notabene tunggangan tim satelit Ducati di MotoGP 2018.

Bukan sekedar mengejar kesan gahar, item itu punya fungsinya masing-masing. Lubang udara pada bagian depan fairing misalnya, bertujuan mengurangi hambatan udara dari depan sekaligus membantu menjaga suhu mesin.

Sementara winglet berfungsi memberikan stabilitas saat sang pengendara memasuki tikungan dalam kecepatan cukup tinggi. Kemampuannya itu juga didukung oleh penguatan pada sektor sasis yang sekarang dibuat lebih rigid.

Performa Ducati Panigale V4 R kini juga meningkat berkat pengaplikasian streering damper dan suspensi dari Ohlins. Pada bagian depan motor ini memakai fork tipe NPX 25/30 dan belakang adalah TTX36.

Namun, bahan yang cukup radikal justru terjadi pada area mesin. Tak seperti tipe Panigale V4 S bermesin 1.103 cc, mesin yang terpasang pada varian Panigale V4 R ini adalah 998 cc. Mesin kepunyaan Desmosedici Stradale R diambil karena punya komponen lebih ringan dengan asupan udara lebih baik sehingga membuat Panigale V4 R kian responsif.

Alhasil, Ducati Panigale V4 R 2019 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 221 hp di 15.250 rpm. Putaran mesinnya lebih tinggi 2.250 rpm dibanding mesin 1.103 cc milik Panigale V4 S. [Ary/Ari]