Cafe Racer Listrik Canggih Ini Digarap Insinyur MotoGP

Arc Vehicle Vector Electric Cafe Racer Motorcycles

CONVETRY – Arc Vehicle akan melahirkan motor dengan wujud cafe racer pertama bertenaga listrik murni dengan teknologi tercanggih.

Maraknya motor-motor bergenre retro modern juga menggelitik Arc Vehicle untuk melansir produk serupa. Tentu saja pabrikan motor listrik asal Inggris ini membuat perbedaan di samping tak menggunakan bahan bakar konvensional.

Pada siluet yang tersaji, motor ini tampaknya sengaja dibuat simple. Namun, ada sisi menarik khususnya pada struktur kaki-kaki yang belum tersingkap jelas. Pihak pabrikan justru mengulas soal teknologinya di mana motor ini diklaim sebagai motor cafe racer listrik pertama dengan Human Machine Interface (HMI).

Di bidang otomotif, teknologi HMI biasa ditemui pada mobil. Fungsinya adalah menampilkan informasi pada kendaraan, sekaligus pula sang pemilik bisa mengaturnya melalui layar sentuh. Jika diterapkan pada Vector, maka pemiliknya bisa mengatur sendiri beberapa setup parts sesuai kebutuhan. Misalnya, menyetel preload, rebound dan compression suspensi.

Akan tetapi, detail mengenai teknologi ini baru akan diungkap pada peluncurannya 6 November 2018 di EICMA, Milan, Italia nanti. Tapi, Mark Truman selaku CEO Arc Vehicle menyebut Vector lahir dari sebuah ide gila. Bahkan, untuk menjalankan proyek ini Truman menggandeng insinyur terbaik termasuk chief engineer MotoGP.

“Teknologi, performa, keselamatan dan pengalamannya datang bersamaan dan belum pernah ditemui pada kendaraan roda dua. Vector lebih dari sekedar motor listrik premium di dunia. Ini adalah motor pertama yang terintegrasi dengan multi-sensor HMI dan inovatif. Vector adalah paket unik bagi bikers yang ingin tampil beda,” tutupnya. [Ary/Ari]