BMW S1000RR Siap Runtuhkan Dominasi Kawasaki Ninja ZX-10RR

BMW
BMW S1000RR

MILAN – BMW S1000RR debut di EICMA 2018 dan siap untuk menantang Kawasaki ZX-10RR di kejuaraan World Superbike (WSBK) 2019.

Seperti diketahui pada kejuaraan balap motor tersebut, Kawasaki Ninja ZX-10 selalu tampil mendominasi. Pabrikan asal Jepang tersebut telah menguasai empat musim secara berturut-turut melalui pembalapnya yakni Jonathan Rea.

Kabar mengenai hadirnya generasi terbaru dari BMW S1000RR, sebenarnya sudah mulai terendus. Ciri khas tampilan kuda besi buatan Jerman tersebut diyakini akan berubah total. Lampu depan asimetris a la BMW S1000RR generasi sebelumnya kini sudah tidak digunakan lagi.

BMW S1000RR kini tampil lebih modern dengan tampang depan lebih sangar. Lampu depan yang mengecil bak orang yang sedang memicingkan mata, menjadi salah satu penyegaran yang diterapkan. Pada kedua lampu utama tersebut juga terdapat DRL LED di bawahnya.

Tidak hanya fokus pada ubahan tampilan, BMW S1000RR juga mendapat sentuhan pada bagian mesin. Daya maksimum yang dihasilkan oleh kendaraan ini dikatakan mencapai 204 hp dan torsi 112 Nm. Hasil ini cukup fantastis karena Kawasaki Ninja ZX-100RR hanya berkisar di 197 hp.

Lebih jauh lagi BMW S1000RR telah menggunakan Shift Cam valve train yang kian populer. Teknologi ini membuat proses pembakaran mesin lebih sempurna dan akhirnya memberikan tenaga lebih dahsyat.

Selain itu motor jenis superbike ini juga mendapat pengurangan bobot cukup signifikan. Disebutkan bahwa generasi terbaru BMW S1000RR mengalami penurunan berat hingga 25 kilogram menjadi 197 kilogram. Sementara Ninja ZX-10RR memiliki bobot total sebesar 206 kilogram.

BMW S1000RR juga mendapat sentuhan pada bagian kaki-kaki. Motor ini telah menggunakan suspensi semi aktif yang dapat diatur secara elektronik. Hal ini membuat kendaraan semakin berjejal perangkat elektronik nan canggih.

Tidak hanya itu, BMW S1000RR juga telah dilengkapi dengan fitur terkini seperti cornering ABS, Dynamic Traction Control (DTC). Sementara jika konsumen khawatir dengan tenaga yang buas dari motor ini, maka mereka bisa menambahkan fitur DTC Wheelie Control.

Kuda Besi asal Benua Biru tersebut menawarkan empat pilihan mode berkendara yaitu Rain, Road Dynamic dan Race. Sementara bagi pencinta kecepatan BMW menyediakan satu lagi mode berkendara yaitu Race Pro sebagai tambahan. [Dew/Ari]