BMW R 1200 GS ‘Disulap’ jadi Sepedamotor Otonom

MIRAMAS – BMW Motorrad menghadirkan BMW R 1200 GS bisa bergerak sendiri atau biasa disebut kendaraan otonom.

Pada BMW Motorrad Techday 2018, pabrikan motor asal Jerman tersebut untuk pertama kalinya menghadirkan motor onotom di dunia. Bertempat di BMW Group Testing Ground di wilayah Miramas, Perancis, Stefan Hans dan tim insinyur BMW Motorrad mempertontonkan motor otonom mereka yang menggunakan basis BMW R 1200 GS.

Dikatakan bahwa BMW R 1200 GS otonom ini mampu berakselerasi, berkendara, berputar dan berputar hingga berhenti total dengan sendirinya, alias otonom. Pihak manufaktur sendiri mengatakan bahwa mereka tidak berniat untuk membuat motor otonom sepenuhnya.

Teknologi yang diterapkan oleh BMW Motorrad pada BMW R 1200 GS tersebut merupakan upaya mereka, dalam menciptakan sebuah sepedamotor yang aman, nyaman dan mampu meningkatkan kenikmatan berkendara.

BMW Motorrad mengatakan bahwa pada akhirnya kendaraan ini diciptakan untuk menganalisa kebiasaan para pengendara, dalam menghadapi situasi berbahaya. Adapun melalui teknologi tersebut, pengendara mampu memilih waktu dan kecepatan yang tepat ketika berbelok di persimpangan atau melakukan pengereman tiba-tiba.

Proses pembuatan kendaraan pintar ini juga melibatkan resep yang sama dengan BMW HP3 Race. Dikatakan bahwa motor ini menggunakan rangka, swing arm dan roda terbuat dari bahan-bahan super ringan namun kuat layaknya karbon.

BMW Motorrad berhasil menunjukkan bahwa langkah cepat sebuah digitalisasi akan mengubah masa depan sepedamotor. Mereka saat ini terus memfokuskan diri untuk membuat motor yang tingkat keselamatannya tinggi dan nyaman bagi penggunanya. [Dew/Ari]