BMW HP4 Race dengan Chassis Monokok Hanya 750 Unit

BMW HP4 Race
BMW HP4 Race

MUNICH – BMW Motorrad meluncurkan HP4 Race sebagai sepedamotor pertama yang menggunakan rangka karbon.

Dibuat terbatas hanya 750 unit, new BMW HP4 Race dibuat oleh tim kecil khusus guna memastikan kualitas sepedamotor yang memiliki kualitas tinggi. Setiap detail kuda besi ini dikembangkan untuk memberikan performa maksimal di lintasan balap.

Frame serat karbon pada kendaraan ini menganut konstruksi monokok. Dengan rangka tersebut, BMW Motorrad melalui HP4 Race menjadi pelopor inovasi tersebut dan bobotnya hanya 7,8 kilogram.

Pada bagian roda, penggunaan serat karbon mereduksi bobot hingga 30 persen dari sebelumnya. Meskipun berat rumah roda berkurang, desain perangkat tersebut tetap dipertahankan sehingga terlihat kaku.

Guna mendukung stabilitas kendaraan, BMW HP4 Race disematkan paket peredam kejut dari Ohlins dan peranti Brembo. Beberapa perangkat yang diadopsi dari kejuaraan balap motor World Superbike tersebut sudah terbukti sangat mumpuni.

Pada bagian depan, BMW HP4 Race ini memadukan suspensi upside down (USD) tipe FGR 300 dan per TTX 36 dari Ohlins. Perangkat ini sama persis yang digunakan oleh tim-tim MotoGP dan World Superbike. Di bagian buritan, sepedamotor ini mengenakan swing arm dengan bahan alloy dan lembaran metal.

Dua buah kaliper rem monoblok Brembo GP4 PR pada BMW HP4 Race menjamin kendali kendaraan tetap mumpuni. Produk pengereman tersebut pistonnya dilapisi titanium bersanding dengan kaliper berbahan alumunium berlapis plat nikel. Perpaduan ini dianggap paling tepat dalam memberikan kemampuan maksimal.

Pada bagian mesin, BMW HP4 Race menggendong jantung pacu untuk lintasan balap dan girboks dengan rasio rapat yang disesuaikan dengan spesifikasi kejuaraan balap dunia. Sumber tenaga motor ini memiliki tenaga maksimal 215 hp pada 13.900 rpm. Sedangkan untuk torsinya, motor ini menghasilkan 120 Nm pada 10.000 rpm.

Meskipun tidak disebutkan angka pastinya, disebutkan bahwa kuda besi ini memiliki kecepatan maksimal lebih baik dari BMW RR S 1000 dengan batas atas 14.200 hingga 14.500 rpm. Dengan tujuan memberikan kemampuan terbaik, mereka memodifikasi girboks 6-speed dengan rasio rapat.

Guna mengimbangi tenaga mesin berlimpah, BMW HP4 Race dibekali dashboard 2D yang menyajikan fitur Dynamic Traction Control DTC (15 mode), Engine Brake EBR, Wheelie Control, Pit Lane Limiter dan Launch Control.

Karakter pengendara dan data perjalanan dapat disimpan kemudian di transfer menggunakan logger 2D. Segala fitur elektronik yang disematkan pada BMW HP4 Race memungkinkan penggunanya menikmati perjalanan nan dinamis.

Tidak hanya pada rangka, sejumlah bagian lain pada motor ini seperti tangki bahan bakar, intake silincer cover dan seat hump juga menggunakan serat karbon. Hal ini semakin menegaskan kendaraan ini sebagai motor balap sejati.

Salah satu penguat karakter sporty pada sepedamotor ini adalah grafis BMW HP Motorsport. Untuk mendapatkan kendaraan istimewa ini, konsumen harus sigap karena HP4 Race hanya dibuat 750 unit di seluruh dunia. Tidak hanya itu, setiap motor juga diberikan identitas khusus. Motor jenis sport satu ini dipasarkan seharga Rp 1,2 miliar. [Dew/Ikh]

Comments