BMW F850GS dan R1200GS Teman Kencan Petualang Sejati

BMW
BMW F850GS

MILAN – BMW Motorrad menghadirkan kakak-adik motor petualang generasi terbarunya di EICMA 2018.

Pabrikan asal Jerman ini tidak hanya menampilkan produk yang asyik dipacu di lintasan aspal. Namun mereka juga menawarkan kuda besi tangguh di medan berbatu dan tanah. Ya, mereka menghadirkan generasi terbaru dari F850GS dan R1200GS yang sangat populer di kalangan petualang.

Kedua motor adventure tersebut siap untuk diajak untuk berpetualang ke medan tersulit sekalipun. Hal ini karena teknologi yang digunakan cukup canggih sehingga membuat penggunanya semakin nyaman berada di atas kendaraan.

BMW R1200GS Adventure

Beberapa waktu lalu mesin generasi terbaru dari motor tangguh di segala medan tersebut sempat bocor di beberapa media. Perhatian tertuju pada inovasi yang tertanam pada ruang bakarnya. Mereka menyematkan teknologi pengaturan bukaan klep pada kedua bilah mesin boxer nan khas.

Tenaga maksimal yang dihasilkan mesin berkapasitas 1.254 cc ini mencapai 134 hp dan torsi 124 Nm. Teknologi bernama ShiftCam tersebut membuat konsumen bisa mendapatkan akselerasi yang lebih halus. Namun mesin ini juga masih bekerja maksimal ketika dibutuhkan.

Tidak hanya melakukan sentuhan pada bagian mesin, namun manufaktur yang identik dengan warna biru dan putih ini juga menyempurnakan sistem injeksi dan saluran penyalur gas buang. Hasilnya motor lebih sempurna dalam menghasilkan pembakaran.

Sementara pada sistem elektroniknya, BMW R1200GS telah dipersenjatai Hill Start Control (HSC), Automatic Stability Control (ASC) dan BMW Dynamic Traction Control (DTC). Mode berkendara yang ditawarkan tersedia dalam dua pilihan yakni Enduro dan Enduro Pro. Adapun konsumen bisa menambahkan dengan Riding Modes Pro.

Tidak ketinggalan mereka juga menyematkan perangkat Cornering ABS yang dikembangkan Bosch. Dengan menggunakan teknologi tersebut, penggunanya tidak perlu khawatir motor selip karena ban kehilangan traksi.

BMW R1200GS dikatakan memiliki bobot 267 kilogram dalam kondisi tangki bahan bakar terisi 90 persen. Sementara kapasitas tangkinya hampir 30 liter sehingga semakin menyenangkan untuk dibawa jarak jauh.

BMW F850GS

Motor ini dihadirkan guna menjangkau para petualang yang masih minder dengan sang kakak R1200GS. Meskipun dimensi dan fitur yang disandang tidak semewah dan canggih layaknya sang pendahulu, namun ketangguhan motor ini tidak perlu diragukan lagi.

BMW F850GS menggunakan mesin berkapasitas 853 cc dengan kemampuan menghasilkan tenaga sebesar 94 hp dan torsi 92 Nm. Meskipun bodi motor ini terlihat sedikit lebih ramping dari R1200GS, namun bobotnya mencapai 244 kilogram.

Salah satu fitur yang dibutuhkan para petualang adalah kapasitas tangki bensin yang mencapai 23 liter. Hal ini membuat penggunanya melakukan perjalanan jarak jauh dengan nyaman. Adapun dikatakan dalam kondisi terisi penuh, motor ini mampu dipacu sejauh 550 kilometer. [Dew/Ari]