Motor Valentino Rossi Masih Bermasalah pada Sistem Elektroniknya Share this
MotoGP
Mode baca

Motor Valentino Rossi Masih Bermasalah pada Sistem Elektroniknya

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 04 Mei 2018

JEREZ - Tim Movistar Yamaha masih belum menemukan jawaban untuk masalah elektronik di motornya dan akan mencoba setting baru di MotoGP Jerez, Spanyol akhir pekan ini.

Sirkuit Jerez, tuan rumah seri 4 MotoGP 2018 diklaim sebagai lintasan yang cocok untuk Yamaha YZR-M1. Rossi masih tercatat sebagai peraih kemenangan terbanyak yakni 7 kali di Jerez.

Akan tetapi, tahun lalu dia dan rider Yamaha lainnya gagal naik podium. Salah satu masalah terletak pada grip ban.

"Tahun lalu kami mendapatkan keseimbangan dan grip yang bagus. Tapi, kami menemukan trek dengan grip yang sedikit dan ini menjadi tanda untuk meningkatkannya," kata Matteo Flamigni, Teknisi Data dari tim Rossi.

Akan tetapi, masalah baru bagi YZR-M1 tahun ini berada pada sektor elektronik. Flamigni mengaku belum mendapatkan solusi dari masalah tersebut, termasuk di seri Jerez ini.

"Pada elektronik, persaingan ada di depan mata. kami bereksperimen dengan cara baru dan memang tidak selalu membawa hasil yang diinginkan. Kami juga perlu memahami dari setiap hal yang sudah diketahui pada balapan sebelumnya," terangnya lagi.

Pihak Yamaha berharap aspal baru Sirkuit Jerez akan memberikan pengaruh lebih bagi M1. Meskipun, mereka tidak mendapatkan data konkrit setelah sirkuit itu dilapis ulang.

"Kami tidak melakukan tes pada November 2017 lalu. Jadi, kami tidak tahu seperti apa level grip yang bisa didapat. Kami harap aspal baru ini memberikan sesuatu yang lebih dan menguntungkan kami," tutup Flamigni. [Ary/Ari]


Komentar