Ban Depan Motor Offroad Lebih Besar, Ini Alasannya Share this
Berita Motor
Mode baca

Ban Depan Motor Offroad Lebih Besar, Ini Alasannya

Denny Basudewa
pada 22 Februari 2019

JAKARTA – Motor offroad menggunakan diameter ban lebih besar daripada belakang, karena telah disesuaikan dengan peruntukannya.

Setiap motor memiliki jenis berdasarkan peruntukannya. Tiap model dirancang sesuai dengan medan jalan yang dapat dilaluinya. Motor offroad misalnya, kendaraan jenis ini menggunakan konfigurasi ban depan lebih besar daripada belakang.

Hal ini ternyata bukan tanpa sebab. Ibnu Baskoro selaku Department Training Sales PT Sumi Rubber Indonesia (Dunlop Indonesia) menjelaskan, ban depan motor offroad dibuat lebih besar diameternya karena urusan keseimbangan.

“Ukuran ban depan lebih besar itu fungsinya untuk melibas lintasan bergelombang. Pada lintasan offroad, medan seperti ini kerap ditemui. Dengan travel shock lebih panjang dan ban yang lebih besar diameternya, maka penggunanya lebih mudah melibas medan tersebut,” kata Ibnu pada peluncuran Dunlop DGX-01 (21/02/2019).

Tidak hanya ban, motor jenis offroad yang ada di pasaran saat ini seluruhnya menggunakan roda tipe jari-jari. Tidak ada pabrikan yang melansir motor offroad dengan menyematkan velg palang.

Untuk perihal satu ini, velg model jari-jari dikatakan lebih tahan banting daripada tipe palang. Selain itu bobot keseluruhan juga lebih ringan. Hasilnya kendaraan dapat lebih lincah ketika menghadapi medan yang sulit sekalipun.

“Velg ini dirancang untuk kekuatan, sedangkan yang model palang kegunaannya lebih onroad. Model jari-jari lebih ringan sehingga power yang tersalurkan lebih optimal,” jelasnya kemudian [Dew/Ari]


Komentar