Motor Listrik Gesits Siap Diproduksi Share this
Berita Motor
Mode baca

Motor Listrik Gesits Siap Diproduksi

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 18 Agustus 2017

Foto: Garansindo, PT Wika dan ITS melakukan MoU untuk produksi motor listrik Gesits (Foto: Ikhsan)

BOGOR - PT Garansindo Technologies, PT Wika Industri dan Konstruksi, serta PT Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) melakukan MoU untuk produksi motor listrik Gesits.

Penandatanganan jangka panjang ini dilakukan di Kompleks Industri Wika Cileungsi, Bogor, Jumat (19/8/2017) yang dihadiri Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristek Dikti) dan I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin

"MoU antara PT Wika, Garansindo dan ITS dalam rangka memajukan motor listrik nasional tidak sampai di sini. Saya harap menjadi industri yang besar," kata Nasir.

Garansindo Technologies telah melakukan tes jalan Gesits pada 7 – 12 November 2016. Uji jalan dilakukan mulai Jakarta - Bali dengan menempuh 1.500 km perjalanan.

Saat itu, Garansindo melibatkan empat rider dari ITS. Sepedamotor listrik Gesits digembleng untuk melewati pengujian guna melihat kesiapan dan semua persyaratan sebelum diproduksi secara massal mulai akhir tahun ini di pabrik Wika.

Garansindo, PT Wika dan ITS melakukan MoU untuk produksi motor listrik Gesits Menristek Dikti, Muhammad Nasir duduk di atas Gesits

Garansindo Technologies menargetkan akan memproduksi tahap awal sebanyak 50 ribu per tahun akhir tahun ini, dan akan berkembang menjadi 100 ribu per tahun sesuai permintaan pasar.

Motor listrik Gesits hasil anak bangsa dinilai sukses dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Menyikapi hal ini kami di Kementerian Perindustrian sudah bersama dengan Ristek Dikti telah berulang kali melakukan kajian, FGD dalam rangka menetapkan peta jalan pengembangan industri alat transportasi dalam kendaraan rendah emisi," tegas Putu.

Gesits sendiri dikembangkan sejak 2015. Kemampuan Gesits menyamai skutik buatan Honda yakni Vario 125. Tampak pada hasil akhir tayangan, motor listrik ini memiliki tenaga maksimal sebesar 8,2 kw atau setara dengan 11 hp.

Kecepatan maksimum yang dihasilkan skuter listrik ini juga tidak main-main. Di atas mesin Dyno Test, motor ini mampu menorehkan kecepatan maksimal sebesar 99 kpj. [Ikh]


Komentar