Motor Bekas Patwal Bung Karno Dilego Rp 150 Juta Share this
Berita Motor
Mode baca

Motor Bekas Patwal Bung Karno Dilego Rp 150 Juta

Adi Hidayat
pada 09 April 2018

Foto: motor patwal bung karno

JAKARTA – Honda Dream CYP 305 lansiran tahun 1962 dijual di ajang Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) dengan harga Rp 150 juta.

Mahalnya harga tersebut dikarenakan nilai sejarah yang tinggi. Motor tersebut merupakan motor yang digunakan oleh Pasukan Patroli dan Pengawalan (Patwal) untuk mengawal Presiden pertama Indonesia, Soekarno. Menariknya, sang empu mengatakan bahwa motor tersebut Ia dapatkan langsung dari sang pengawal.

Motor ini Saya dapatkan langsung dari anggota Patwalnya. Dia bahkan menangis saat motor ini Ia jual ke Saya. Katanya kenangannya sangat tinggi,” ungkap Ade Irawan, sang pemilik motor.

Meski sudah berusia tua, motor ini diklaim memiliki tingkat keaslian yang cukup tinggi. Perubahan yang Ia lakukan hanya pada karburator karena sudah mengalami kerusakan. Sementara part lainnya diklaim masih asli.

“Asli semua mulai dari mesin sampai komponen-komponennya. Seharusnya memang ada sirinenya, tapi dilepas karena sudah rusak. Karburator juga diganti karena yang asli juga sudah rusak,” ungkap pria yang merupakan owner dari Urban Classic.

Meski dijual dengan harga terbilang tinggi dan surat kendaraan lengkap, namun pajak sepeda motor yang berusia 56 tahun ini sudah mati semua. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang lumrah ditemukan mengingat kendaraannya sendiri sudah berusia tua dan jarang digunakan.

Umumnya, sang pemilik baru dari kendaraan klasik akan ‘menghidupkan’ kembali pajak-pajak kendaraan sehingga motor bisa dipamerkan dengan lebih leluasa. [Adi/Ari]


Komentar