MotoGP Rancang Aturan Winglet Lebih Ketat pada 2019 Share this
MotoGP
Mode baca

MotoGP Rancang Aturan Winglet Lebih Ketat pada 2019

Denny Basudewa
pada 07 Februari 2018

Foto: Winglet tim Honda photo by : MotoGP.com

BARCELONA – Penggunaan winglet di MotoGP akan dilarang sepenuhnya pada 2019.

Penggunaan winglet atau sayap kecil di MotoGP marak dilakukan beberapa tim belakangan ini. Seperti diketahui pemakaian benda kecil pada bodi motor tersebut dipelopori oleh Ducati pada 2016 dan kemudian pabrikan lain mulai ikut-ikutan.

Namun pada MotoGP 2017, penggunaan benda mungil tersebut dilarang, dengan beberapa syarat. Dikatakan bahwa, menambahkan perangkat peningkat aerodinamis pada motor diperbolehkan. Hanya saja bentuknya bentuknya tidak boleh terlalu menjorok keluar dari bodi layaknya sayap.

Musim lalu para pabrikan membuat terobosan dalam menciptakan perangkat peningkat aerodinamis pada kendaraan. Dengan bentuk yang lebih mungil dan terlihat menyatu dengan fairing, benda tersebut kembali ramai terlihat di lintasan balap.

Danny Aldridge selaku Direktur Teknik MotoGP mengatakan bahwa pihaknya tengah merumuskan aturan baru terkait winglet. Menurutnya perangkat peningkat aerodinamis kendaraan itu akan sepenuhnya dilarang pada MotoGP 2019.

“Perangkat atau apapun yang menonjol dari fairing dan tidak terintegrasi dengan bodi motor, serta benda dengan fungsi aerodinamis tidak diizinkan. Direktur Teknis menjadi pengambil keputusan mengenai fairing ini dan tidak bisa diganggu gugat,” ucap Danny seperti dikutip Crash.net.

Dirinya menjelaskan bahwa MotoGP tidak berusaha melarang tim untuk meningkatkan downforce pada sepedamotor. Ia menegaskan bahwa pihaknya hanya mengatur bahwa perangkat tersebut dirancang dengan aman (terintegrasi dengan bodi).

Danny juga mengatakan jika MotoGP hanya berusaha membatasi jumlah modifikasi fairing, melalui prosedur homologasi yang sesuai. Menjadi masalah ketika tim berusaha mengakali aturan tentang fairing dengan melubangi bodi dan lain sebagainya, namun dianggap tidak memengaruhi homologasi.

Dirinya mencontohkan Ducati yang menggunakan winglet yang menyatu pada fairing. Pabrikan motor asal Italia itu menggunakan fairing yang terdiri dari dua bagian atau modular. Musim 2019 pihak MotoGP akan mengukur dimensi sayap dan mengarah pada Ducati yang desainnya cukup besar. [Dew/Ari]


Komentar